Tips Penting Memilih Smartphone Android

Sobat Belajar Androidku, apakah Kamu ingin membeli smartphone Android baru? Jika ya, maka Kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum benar-benar menentukan pilihan. Kenapa penting? Yup, karena Smartphone baru bukan barang yang murah, kecuali bagi mereka yang beruang (bukan hewan yak, maksudnya punya uang banyak). Dengan memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini, diharapkan Kamu tidak akan menyesal atas pilihan smartphonemu dan juga merasa puas.

Dulu yang namanya handphone (HP) hanya sekedar untuk telpon dan SMS sehingga untuk menentukan pilihan tidaklah sulit. Namun sekarang, handphone telah menjelma menjadi smartphone yaitu perangkat cerdas yang hampir segala sesuatu bisa dilakukan atau diperoleh dengan sebuah alat kecil. Lihat saja, dari sebuah smartphone Kamu bisa mengambil gambar lewat kamera yang kualitasnya bagus, Kamu bisa mengakses informasi yang luar biasa luas melalui internet, bahkan Kamu bisa mengendalikan suatu kegiatan atau pekerjaan lewat alat cerdas ini. Oleh karena fitur yang semakin beragam maka kita harus makin cerdas juga untuk menetukan manakah smartphone yang akan dibeli.

Saat ini para vendor atau pabrikan smartphone telah berlomba-lomba menciptakan smartphone Android yang sempurna. Beberapa vendor ada yang menawarkan fitur dan kualitas tinggi dengan harga juga tinggi.Di sisi lain ada juga vendor yang menawarkan smartphone dengan kualitas tidak kalah tapi dengan harga terjangkau. Namun ada juga vendor yang menawarkan smartphone dengan kualitas (aduh) menyedihkan dan harganya murah. Mana yang menjadi pilihanmu? Agar tidak salah membeli dan tidak menyesal di belakang, Aku mencoba merangkum tips penting memilih smartphone Android menjadi 3 bagian. Mari kita lihat.

TIPS MEMILIH PONSEL ANDROID

1. Tips memilih Smartphone: Pilihlah yang Sesuai Kebutuhan dan Anggaran

Kita tahu bahwa di luar sana banyak sekali smartphone Android yang dijual baik secara online ataupun offline. Pasti sangat membingungkan mana yang pantas kita beli. Maka hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah untuk apa smartphone itu nantinya. Apakah untuk mendukung bekerja? Untuk komunikasi saja? Untuk bermain game? Atau untuk gaya-gayaan? Hal ini sangat penting mengingat smartphone harganya tidak benar-benar murah dan akan digunakan dalam jangka lama. Kecuali kalau Kamu memang punya banyak uang alias beruang. Hari ini beli, besok beli yang baru lagi tidak masalah. Misalkan kebutuhannya untuk menunjang pekerjaan di lapangan yang di situ banyak kontak dengan air maka carilah smartphone yang tahan air. Misalkan untuk keperluan gaming maka carilah smartphone dengan spesifikasi CPU, GPU, RAM dan Layar yang tinggi. Oke ya, sudah paham?
Jika anggaranmu terbatas maka tentukan dulu range atau rentang harga yang Kamu kehendaki. Dengan menentukan harga terlebih dahulu maka akan memudahklan dalam memilih smartphone.

2. Tips memilih Smartphone: Perhatikan Spesifikasi Smartphone

Di dalam smartphone terdapat banyak sekali komponen yang menjadikan smartphone itu mampu melaksanakan tugasnya. Walaupun banyak komponen, namun ada beberapa komponen besar yang bisa Kamu jadikan dasar menetukan pilihan.

  • CPU dan GPU
    Tentu sudah tidak asing apa itu CPU (Central Prosessing Unit). Komponen yang satu ini sebagai otaknya smartphone. Dia berfungsi untuk mengolah segala aktifitas di dalam smartphone. Maka tips dariku, pilihlah yang CPU-nya minimal memiliki 4 inti (Quad core) dengan Clock di atas 1.3 Ghz. Ini minimal untuk kegiatan sehari-hari. Jika mungkin cobalah mencari yang di atasnya (6 inti, 8 inti atau bahkan 10 inti). Kemudian perhatikan juga vendor dan seri CPUnya. Vendor CPU contohnya Qualcomm, Mediatek atau Samsung. Kalau seri contohnya Snapdragon 625 (Qualcomm), Helio X20 (Mediatek), Exynos 7570 (Samsung), dll. Quad core tidak selalu lebih jelek dengan Octa core (10 inti), bergantung dari vendor dan seri CPUnya.
    Untuk Kamu para gamers juga perlu memperhatikan GPU (Graphic Prosessing Unit). Komponen satu ini berperan mengolah gambar. Ketika Kamu punya smartphone dengan CPU tinggi ternyata saat digunakan main game justru ngelag. Bisa jadi GPUnya belum cukup kuat untuk mengolah grafis game itu. Walaupun biasanya kalau CPU-nya tinggi maka GPU akan ikut tinggi karena sekarang CPU dan GPU dibundle atau dipaket dalam satu chip yang disebut SoC (System on Chip).
  • RAM dan Internal Memory
    Komponen RAM berfungsi sebagai buffer data dalam smartphone. Fungsi buffer data di sini maksudnya sebelum data akan diolah oleh CPU, data itu disimpan dulu dalam memory bernama RAM. Sehingga jika RAM-nya kecil dan data yang harus diolah oleh CPU besar maka akan terjadi lag atau system menjadi lambat. Pilihlah smartphone minimal memiliki RAM 1 GB, lebih banyak lebih baik. Bahkan ada vendor smartphone yang membenamkan RAM sampai 6 GB (Busyeett).
    Berikutnya internal memory juga harus mencukupi kebutuhan system. Internal memory akan menyimpan data aplikasi dan data lainnya. Sehingga semakin banyak aplikasi dan datanya maka diperlukan internal memory yang besar. Walaupun banyak smartphone telah mendukung memory eksternal (SD Card) sampai 128 GB tapi intenal memory yang luas juga penting. Pilihlah smartphone dengan minimal internal Memory 8 GB, ini untuk kebutuhan pengguna normal. Tapi jika Kamu termasuk rajin buka sosmed seperti instagram, Whatapps, BBM dan lainnya, pilihlah minimal 16 GB untuk internal memory karena pasti aplikasi itu banyak menyimpan gambar dan video.
  • Kamera
    Komponen satu ini penting saat ingin mengambil gambar, entah selfie atau mengambil gambar lingkungan. Ingat Mega Pixel besar tidak selalu menetukan kualitas gambar. Pilihlah yang sensor kameranya berasal dari vendor terkenal dan juga memiliki fitur tambahan seperti Dual Flash Led, PDAF, Image Stabilizer, dan lain sebagainya. Tentu ini disesuaikan dengan harganya.
  • Layar
    Saat ini banyak sekali tipe layar yang digunakan oleh smartphone, mulai dari LCD biasa, IPS, OLED, Super AMOLED dan lain sebagainya. Untuk tampilan gambar yang bagus bisa diperoleh dari layar tipe OLED atau AMOLED tapi harganya biasanya mahal. Minimal pilihlah dengan tipe IPS. Tampilan gambar dari layar IPS sudah cukup baik.
    Untuk ukuran layar pilihlah sesuai kebutuhan. Jika untuk main game atau nonton video tentu layar minimal 5 inchi cukup untuk memberi rasa nyaman. Lalu untuk resolusi layar, pilihlah minimal ukuran HD (720p), kalau bisa sekalian full HD (1080p).
  • Baterai
    Untuk urusan ketahanan baterai bisa Kamu mulai dengan melihat ukuran baterainya, biasanya dengan satuan mAh (mili Amphere hours). Kalau Kamu sering bekerja di luar ruangan dan jauh dari sumber listrik maka pilih yang kapasitas baterainya besar, bisa di atas 3000 mAh.
  • Jaringan
    Teknologi komunikasi seluler terakhir yang sudahn dirilis resmi adalah jaringan 4G LTE dengan kevepatan akses internet yang tinggi. Agar dapat menikmati jaringan itu, tentu Kamu harus memiliki smartphone yang sudah support 4G. Sekarang harga paket data internet 4G juga semakin murah. Walaupun memang tidak semua daerah terjangkau jaringan 4G, namun tidak masalah karena smartphone 4G tetap dapat menjangkau jaringan 3G. Jika daerahmu belum terjangkau 4G maka berdoalah para agar operator seluler segera menjangkau daerahmu, hehe..
  • Spesifikasi Lainnya
    Selain komponen di atas, perhatikan juga spesifikasi tambahan lainnya seperti tahan air atau tidak, pelindung layar, bahan rangka/body, model/bentuk smartphone serta warna yang tersedia. Pilihlah spesifikasi tambahan ini sesuai kebutuhan dan selera Kamu

TIPS MEMILIH PONSEL ANDROID

2. Tips memilih Smartphone: Perhatikan Merek dan After Salesnya

Memilih merek smartphone juga penting. Karena selain berhubungan dengan kualitas produknya, juga berhubungan dengan layanan after salesnya. Percumah jika punya smartphone dengan spesifikasi sesuai keinginan tapi ternyata gampang rusak. Setelah rusak mencari tempat servisnya sulit atau klaim garansinya dipersulit. Satu lagi hal yang tidak menyenangkan adalah mencari suku cadang dan assesorisnya. Pernah Aku membeli smartphone Android dengan spesifikasi lumayan dan harganya murah. Tapi ketika baterainya soak alias sudah rusak, lalu mencari penjual baterainya sangatlah sulit. Akhirnya Aku beli baterai smartphone lain lalu dimodifikasi sendiri. Selain itu, merek (vendor) yang terkenal biasanya sering memberi update software untuk produknya. Hal ini penting ketika kita menemui masalah atau bug pada Android yang digunakan sekarang maka tidak lama akan datang update baru yang memperbaiki masalah itu. Atau ketika rilis Android versi baru maka kita juga akan kebagian versi itu.

TIPS MEMILIH PONSEL ANDROID

3. Tips memilih Smartphone: Melihat Review dan Benchmarknya

Setelah melihat kebutuhan dan spesifikasinya, mungkin Kamu telah menentukan beberapa pilihan. Maka untuk memntapkan pilihanmu itu Kamu perlu membandingkan hasil review dan bencmarknya. Di luar sana banyak orang yang telah membeli smartphone yang telah masuk dalam daftar pilihanmu. Mereka sudah menggunakan dan ada yang membagi pengalamannya dalam bentuk review, seperti bagaimana rasanya ketika dipegang, bagaimana responnya ketika dioperasikan, dan lain sebagainya. Lalu perhatikan juga skor benchmark atau pengujiannya. Pengujian biasanya menggunakan aplikasi khusus dan digunakan untuk menguji kinerja CPU, RAM, GPU, Camera, Sensor dan lainnya. Skornya bersifat obyektif dan dapat dibandingkan dengan perangkat lain. Beberapa aplikasi untuk benchmark adalah Antutu, GeekBench, 3DMark dan lain sebagainya. Lihat, perhatikan dsan bandingkan mana yang hasil review dan benchmarknya lebih baik. Review dan benchmark ini bisa dilihat di beberapa forum di internet, baik Fcaebook, Kaskus, Blog dan lain-lain.

TIPS MEMILIH PONSEL ANDROID

Demikian beberapa hal penting untuk diperhatikan ketika akan memilih smartphone Android. Jika Kamu memiliki tips atau pengalaman memilih smartphone Android silahkan menulisnya di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *