Sejarah Android: Dari Cupcake sampai Nougat

Bung Karno pernah menyampaikan istilah Jas Merah alias Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah. Termasuk bagi pengguna Android jangan sekali-kali melupakan sejarah Android. Yah, kecanggihan sistem Android yang Kita gunakan saat ini adalah buah dari pengembangan dan kerja keras yang panjang dari para developer. Tentu dengan Kita melihat sejarah perkembangan Android, Kita bisa bersyukur bahwa manusia diberikan anugrah yang besar oleh Tuhan YME berupa akal dan kecerdasan sehingga mampu menggunakan anugrah itu untuk kemasalahatan manusia.

Sejarah Android dari Versi 1.0, Cupcake sampai Nougat

Android 1.0

Android pada awalnya dipahami sebagai antarmuka layar sentuh untuk kamera sebelum Google melihat potensi dari Android. Versi Android pertama yang tersedia secara komersial untuk ponsel dirilis pada September 2008, pada handset HTC Dream. Nama-nama permen rasa yang belum diperkenalkan, sehingga versi ini berjudul imajinasi Android 1.0.

Fitur-fiturnya masih sangat dasar, tapi banyak dari fitur itu masih ada saat ini. Ada web browser yang sederhana dan dukungan untuk Gmail, Google Calendar, Google Maps dan YouTube, serta aplikasi perpesanan Google Talk.

Android 1.1

Pembaruan cukup ngawur ke Android 1.0, versi ini hanya menambahkan fitur sederhana untuk aplikasi yang telah ada seperti menunjukkan review di pencarian bisnis Google Maps.

Android 1.5 Cupcake

Akhirnya, nama yang manis untuk OS Android agar semakin manis. Android 1.5 Cupcake membawa dukungan widget, transisi animasi ketika melewatkan layar desktop, kemampuan untuk secara otomatis memutar layar saat Kamu memutar orientasi ponsel.  Ada juga penambahan stok animasi boot.

Android 1.6 Donut

Pada tahun 2009, Android memiliki pengganti Cupcake, dijuluki sebagai Donut. Sepertinya Kamu mulai menyadari, Google memilih menggunakan huruf alfabet untuk memberi nama versi Android berikutnya dan juga memilih nama-nama makanan untuk diberikan pada setiap versi.

Donut memberikan fungsi yang pencarian yang disempurnakan, pengalaman yang lebih cepat, dan dukungan layar super tajam (pada saat itu) 480×800 pixel.

Android 2.0 Eclair

History of Android Versions - Anroid 2.0 Eclair

Android Eclair membawa sejumlah perubahan penting maka nomor versinya dinaikkan menjadi 2.0. Personalisasi adalah komponen kunci, seperti live wallpaper dan diperkenalkan dukungan untuk beberapa desktop (home screen).

Android 2.2 Froyo

Froyo memungkinkan pengguna Android untuk mengontrol ponsel mereka tanpa menyentuh mereka, menggunakan mengetik suara (voice typing) dan pencarian. Kamu sekarang juga bisa menginstal aplikasi pada kartu memori, yang merupakan bantuan yang besar karena kebanyakan ponsel saat itu hanya dibekali memori internal 4 sampai 8 GB.

Android 2.3 Gingerbread

Versi ini mendukung kamera Selfie yang membuka jalan bagi Facebook semakin populer, kemudian juga terdapat peningkatan kinerja dibandingkan sebelumnya. Gingerbread juga menambahkan fitur NFC, giroskop dan dukungan barometer.

Android 3.0 Honeycomb

Sejarah Versi Android - Android 3.0 Honeycomb

Honeycomb menonjol dalam sejarah Android sebagai satu-satunya versi yang dikembangkan secara khusus untuk tablet. Elemen antarmuka seperti keyboard virtual yang dioptimalkan untuk layar yang lebih besar dan Kamu memiliki dukungan untuk prosesor multi-core.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Ice Cream Sandwich digunakan pada ponsel pada tahun 2011, membawa tampilan dan pengalaman baru pada Android. Kamu sekarang juga bisa menutup aplikasi dengan usapan cepat (Quick Swipe), merekam video 1080p dan membuka ponselmu dengan wajahmu (Face Unlock) juga didukung mulai versi ini.

Android 4.1 hingga 4.3 Jelly Bean

Sejarah Versi Android - Android 4.1 Jelly Bean

Android Jelly Bean membuat OS Google semakin responsif dari sebelumnya, meningkatkan fungsi pencarian dan memperkenalkan kemampuan untuk berbagi file dengan teman-temanmu menggunakan Android Beam.

Android 4.4 KitKat

Android KitKat  memperkenalkan ‘OK Google’ perintah suara untuk memulai Google Now, serta manajemen pesan yang lebih baik, dukungan Emoji dan peningkatan pada kinerja multi-tasking.

Android 5.0 Lollipop

Sejarah Versi Android - Android 5.0 Lollipop

Android Lollipop mulai digunakan ponsel di 2014 dan membawa beberapa profil pada satu perangkat, fitur ‘no interuption’ untuk bebas dari gangguan notifikasi dan notifikasi bar semua baru. Kamu sekarang juga bisa membuka ponselmu dengan perangkat Bluetooth yang terpercaya.

Android 6.0 Marshmallow

Android Marshmallow diresmikan oleh Google pada bulan September 2015, membawa peningkatan daya tahan baterai dan penambahan fitur baru yang keren seperti Now on Tap dan dukungan sensor sidik jari.

Android 7.0 Nougat

Android Nougat datang dengan fitur pertamanya dan orang-orang bisa membantu memilihkan nama, yang akhirnya diresmikan pada akhir Juni 2016. Terdapat peningkatan kinerja dan manajemen baterai berkat fitur bernama Doze, Nougat juga membawa fitur yang berguna seperti split screen multitasking yang diperoleh dari stock Android. Fitur lain dari Android Nougat bisa dilihat pada artikel 20 Fitur Unggulan Android 7.0 Nougat.

Demikian artikel tentang sejarah Android semoga bisa menambah wawasan dan memberi manfaat. Terima kasih.

Credit:  dan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *