Samsung Galaxy J5 2016, Review Lengkap dan Harganya

Samsung di tahun ini merilis smartphone Samsung Galaxy J5 versi 2016. Perubahan besar ada pada frame yang sebelumnya terbuat dari plastik sekarang terbuat dari metal dan sedangkan sebagian besar isinya sama dengan versi sebelumnya. Apakah perubahan ini Samsung akan berhasil meng-update Galaxy J5?

Samsung Galaxy J5 2016, Review Lengkap dan Harganya

review samsung galaxy j5

Berbeda dengan versi sebelumnya yang terbuat dari polikarbonat, kali ini bezel yang terbuat dari logam menambah kesal kokoh dan elegan saat menyentuh Galaxy J5. Tersedia dalam tiga warna, baterai lebih kuat dan layar yang agak lebih besar turut menjadi pembeda antara versi terbaru dengan versi sebelumnya. Harga resminya juga lebih mahal: Rp3.099.000,- bisa dikatakan tidak murah. Dalam review ini akan melihat apakah Galaxy J5 cukup layak bertanding di pasar mid-range.

Kompetisi bisa terjadi dalam hal apapun: misalkan seberapa besar perbedaan harga dengan seri diatasnya (Galaxy A5), atau dengan si mantan (Galaxy J5 versi sebelumnya) atau potongan harga Honor X5 juga menjadi musuh yang serius, serta Acer Liquid Z630S dan LG K10 yang juga ingin mengambil perhatian pasar.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J5

JARINGAN Teknologi GSM / HSPA / LTE
RILIS Dikenalkan Maret 2016
Status Tersedia
FRAME Dimensi 145.8 x 72.3 x 8.1 mm (5.74 x 2.85 x 0.32 in)
Berat 159 g (5.61 oz)
SIM Single SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
LAYAR Tipe Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.2 inches (~70.7% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1280 pixels (~282 ppi pixel density)
Multitouch Ya, sampai 5 jari
PLATFORM OS Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 306
MEMORY Slot Kartu microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Internal 16 GB, 2 GB RAM
KAMERA Primer 13 MP, f/1.9, 28mm, autofocus, LED flash, check quality
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection
Video 1080p @30fps
Sekunder 5 MP, f/1.9, LED flash
KOMUNIKASI WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS/ BDS
NFC Ya
Radio FM radio, RDS, recording
USB microUSB v2.0, USB On-The-Go
FITUR Sensor Accelerometer, proximity
Perpesanan SMS, MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java No
– ANT+ support
– MP4/WMV/H.264 player
– MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player
– Photo/video editor
– Document viewer
BATERAI Li-Ion 3100 mAh battery (dapat dilepas)
WARNA White, Black, Gold, Rose Gold
BATERAI Li-Ion 3100 mAh battery (dapat dilepas)
HARGA Rp3.099.000,-

 

Frame

Samsung Galaxy J5 memulai debutnya di tahun 2016 dengan beberapa peningkatan: bezel yang terbuat dari logam asli, bagian tepinya telah dipoles dan back cover lembut. Walau demikian back covernya tetap bisa dilepas untuk mengganti baterai. Dibandingkan pendahulunya, bagian casing tampak lebih besar namun ukuran layar tetap sama 5,2 inchi. Dengan ukuran layar itu membuat casingnya tampak kompak.

Galaxy J5 ternyata lebih berat daripada handset lain yang ukuran layarnya lebih besar 5,5 inchi dan juga lebih berat dari pendahulunya dengan berat 159 g. Penambahan berat ini dapat diartikan pertanda kualitas. Secara umum handset ini beratnya masih wajar untuk digunakan sehari-hari.

Casing tampak sangat padat, penggunaan bezel logam terbayar di sini. Desain layar AMOLED juga tahan terhadap tekanan.

review samsung galaxy j5 belakang

Galaxy J5 Tampak Belakang

review samsung galaxy j5 depan

Galaxy J5 Tampak Depan

review samsung galaxy j5 belakang2

Galaxy J5 Tampak Kamera, Speaker, Flash LED

review samsung galaxy j5 depan2

Galaxy J5 Tampak LED Flash Depan

Konektifitas

Koneksi fisik standar terpasang pada handset ini seperti port micro-USB 2.0 dan sebuah jack headset 3,5 mm. Bagi yang memiliki perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk dapat dihubungkan ke port USB (USB on-the-go). Fitur NFC juga terpasang sebagai pilihan koneksi nirkabel. Pemancar inframerah yang sering dipasang Samsung  untuk menjadikan perangkat sebagai remote control tidak ditemukan dalam Galaxy J5. Pemindai sidik jari juga tidak ditemukan pada Galaxy J5.

Penyimpanan internal sebesar 16GB merupakan perbaikan atas si mantan (Galaxy J5) yang internalnya hanya 8 GB. Samsung Galaxy J5 (2016) mendukung kartu SD eksternal hingga 128 GB dan aplikasi dapat dipindahkan ke kartu SD.

review samsung galaxy j5 samping

Galaxy J5 Tampak Samping Kanan

review samsung galaxy j5 samping

Galaxy J5 Tampak Samping Kiri

review samsung galaxy j5 atas

Galaxy J5 Tampak Atas

review samsung galaxy j5 bawah

Galaxy J5 Tampak Samping Bawah

Software

Masuk ke sisi sistem operasi Android, Galaxy J5 (2016) sudah menggunakan Android 6.0.1 (Marshmallow). Selain terlihat lebih homogen, versi Android ini memberikan kelebihan dalam hal keamanan dan opsi membatasi izin aplikasi.

Antarmuka Touch Wiz Samsung juga digunakan pada handset ini. Perubahan yang tampak adalah terlihat agak lebih lembut (logo dengan ujung membulat, tombol juga membulat) dan daftar pengaturan juga telah disusun ulang. Jika layar digesek ke kiri akan membuka “Briefing”, agregator berita yang menampilkan semua hal penting.

Samsung juga telah menyertakan “S Planner” sebagai pengganti kalender, aplikasi kebugaran “S Health”, Microsoft Office Suite serta “OneCloud” dan “Skype”. Selain itu, link langsung ke “Google Play Music” juga disertakan.

review samsung galaxy j5 bawah  review samsung galaxy j5 bawah  review samsung galaxy j5 breafing

 

Komunikasi & GPS

Sebuah micro-SIM diperlukan untuk menghubungkan Galaxy J5 (2016) ke jaringan seluler. Dengan empat GPRS, empat UMTS dan lima LTE frekuensi sesuai untuk penggunaan internasional. Penerimaan jaringan lokal baik dan kecepatan maksimum internet menggunakan data seluler 150 MBit per detik untuk download dan 50 MBit per detik untuk upload.

Telah mendukung standar Wi-Fi 802.11 b/g/n dan seharusnya cukup memadai bagi sebagian besar pengguna. Karena standar 802.11 a tidak didukung maka tidak mungkin untuk menggunakan jaringan 5 GHz. Penerimaan data melalui Wi-Fi juga cukup baik.

Meskipun modul GPS menemukan beberapa satelit ketika di dalam ruangan, kekuatan sinyal tidak cukup kuat untuk menentukan posisi akurat. Dibutuhkan beberapa saat digunakan di luar ruangan, ditemukan satelit yang cukup untuk melacak posisi dengan akurasi empat meter (~ 13 ft). Dengan demikian, Galaxy J5 tidak cukup terdepan dalam hal akurasi lokasi dan kecepatan mengunci lokasi, tetapi masih layak digunakan.

review samsung galaxy j5 gps  review samsung galaxy j5 gps

Kamera

Samsung Galaxy J5 (2016) dapat dikatakan standar dalam urusan resolusi kamera dengan kamera 13 megapiksel di bagian belakang dan kamera 5 megapiksel di bagian depan. Tidak banyak yang berubah di sini jika dibandingkan dengan pendahulunya. Yang membedakan hanya ada sebuah LED flash juga dipasang di bagian depan.

Foto yang diambil dengan kamera belakang terlihat kurang baik dalam hal pencahayaan dan menunjukkan kontras terang-gelap yang besar. Ketika mengambil gambar pada ruangan yang kurang cahaya hasilnya akan terlihat kabur dan tiak fokus. Hal ini menunjukkan kualitas kamera yang biasa-biasa saja.

Video dapat direkam dalam 1080p pada 30 frame per detik. Kualitas yang lumayan, tetapi video kadang-kadang tampak agak gelap.

Kamera depan memiliki resolusi 5 megapiksel. Selain modus selfie khusus dengan face detection, mode untuk groufies juga tersedia. Kualitas gambar cukup untuk selfie, dan secara keseluruhan relatif tajam. LED flash yang terpasang memungkinkan mengambil foto selfie bahkan dalam lingkungan cahaya rendah.

review samsung galaxy j5 photo

Hasil Photo Galaxy J5

review samsung galaxy j5 photo

Hasil Photo Galaxy J5 – Low Light

Layar

Samsung terkenal dengan panel Super AMOLED yang menampilkan warna hitam mutlak. Ini secara teori menghasilkan kontras yang jauh lebih tinggi dan warna-warna cerah. Galaxy J5 (2016) memiliki layar Super AMOLED dengan resolusi standar 1280×720 piksel.

Pada pandangan pertama, panel AMOLED masih memiliki kelemahan yang jelas dalam urusan tingkat kecerahan, dan Galaxy J5 juga hanya mampu menampilkan tingkat kecerahan tertinggi 299 cd/m². Namun, tingkat kecerahan dapat dinaikkan lagi dengan tombol “Outdoor”, dan kemudian mencapai hingga 550 cd/m². Pencahayaan dengan konsistensi 96% tergolong sangat baik, dan bahkan area warna yang luas dapat diterangi sangat merata.

Layar yang mengkilap tentu masalah besar untuk penggunaan di luar ruangan hampir di semua smartphone. Namun, ini dapat diatasi dengan kecerahan layar yang cukup. Berterimakasihlah pada fitur “Outdoor” yang meningkatkan kecerahan tinggi selama 15 menit. Tentu ini mempengaruhi kehidupandaya tahan baterai dan penggunaan berlebihan yang juga bisa mengurangi umur dari layar OLED.

Panel AMOLED memiliki keuntungan lebih yaitu dapat dilihat dari semua sudut dengan hampir tidak kehilangan warna atau penyimpangan kecerahan. Ini juga terjadi di Samsung Galaxy J5 (2016).

review samsung galaxy j5 display

Layar Galaxy J5 Outdoor

review samsung galaxy j5 display

Layar Galaxy J5 Dari Berbagai Sudut

Performa

Samsung Galaxy J5 2016 menggunakan SoC yang sama dengan pendahulunya yaitu  Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 . Namun, clock frekuensinya ditingkatkan sedikit menjadi 1,4 GHz dan RAM-nya juga ditambah 500 MB menjadi 2 GB. Meskipun termasuk SoC mid-range kelas bawah yang sudah berusia dua tahun, namun cukup kuat untuk sebagian besar tugas-tugas rutin. Setidaknya Kita tidak melihat ada lag apapun, dan aplikasi yang dijalankan cukup cepat.

Galaxy J5 (2016) juga memimpin benchmark atas  pendahulunya,  mungkin karena modifikasi yang disebutkan di atas yaitu pada frekuensi dan RAM . Dalam review ini setara dengan  LG K10 .

Dari sisi grafis, Galaxy J5 (2016) menggunakan  Qualcomm Adreno 306 yang juga ditemukan di  pendahulunya . Hal ini juga setara dengan  K10 LG  karena unit grafis juga sama.

Berikut ditampilkan hasil pengujian menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

  1. AnTuTu benchmark v6 memperoleh skor 27.232 Poin.
  2. Octane V2 memperoleh skor 2730 poin

 

Gaming

Pengujian menggunakan game “Aspalt 8” dengan seting maksimum hanya menghasilkan 16 fps dan ini tentu menjadikan gameplay-nya tidak halus. Kalau untuk game yang ber-genre lari, frame rate yang diperoleh dapat dikatakan cukup. Hal ini dapat disebabkan karena handset sudah mencapai batas maksimal kinerjanya.

Pada game ber-genre First-Person-Shooter “Dead Trigger 2” diperoleh rata-rata 30 fps. Dengan frame rate tersebut memainkan game akan terasa lancar tanpa lag.

Kontrol melalui touchscreen dan posisi sensor berfungsi tanpa cela dan tanpa putus.

Kontrol game menggunakan layar sentuh dan sensor posisi berjalan baik ketika memainkan game tanpa ada tanda lag atau putus.

review samsung galaxy j5 Gaming

Aspalt 8 lancar dimainkan tapi hanya 16 fps

review samsung galaxy j5 Gaming

Dead Trigger 2 Lancar dimainkan dengan frame cukup, 30 fps

Konsumsi Daya

Samsung Galaxy J5 (2016) tidak menggunakani daya apapun ketika dimatikan, dan hanya menggunakan 0,12 watt dalam mode siaga. Secara keseluruhan, penggunaan daya lebih rendah dari yang pendahulunya . Bahkan, itu benar-benar hemat jika dibandingkan dengan perangkat lain. Penggunaan daya maksimum 3,1 watt, saat dalam mode siaga seringnya mengkonsumsi 1,51 watt. Ini semua benar-benar baik dan rendah. Sekitar 3 jam yang dibutuhkan untuk pengisian daya baterai dari kosong sampai penuh.

Ketahanan Baterai

Baterai telah berkembang jauh dibandingkan dengan tahun lalu  Samsung Galaxy J5 versi tahun lalu. Galaxy J5 (2016) menggunakan kapasitas baterai yang lebih besar dan tentunya turut menjadikan Galaxy J5 (2016) lebih berat. Baterai ini dapat menyediakan 11,94 watt jam.

Kesimpulan

Sangat mudah untuk menjawab pertanyaan apakah update dari Samsung Galaxy J5 telah berhasil: Ya.

Casing logam memberikan kesan berkualitas tinggi dan terlihat lebih modern daripada casing kuno pendahulunya. Kamera menghadap ke depan telah ditingkatkan dengan adaya LED flash, kapasitas memori internal dan RAM telah meningkat dan prosesor yang lebih cepat. Spesifikasi panel AMOLED dan baterai yang bisa dilepas masih dipertahankan. Selain itu, daya tahan baterai yang sekarang jauh lebih lama.

Ada beberapa catatan yang perlu ditandai dari Galaxy J5: Tingkat transmisi Wi-Fi yang sangat rendah, handset relatif berat dan kamera foto terlihat gelap dan agak pudar.

Kelebihan Samsung Galaxy J5 2016

  • Layar kontras tinggi AMOLED
  • Bezel logam
  • Sistem operasi modern
  • Layak kualitas penerimaan
  • LED flash di bagian depan
  • Konsumsi daya yang rendah
  • Baterai yang sangat baik

Kekurangan Samsung Galaxy J5 2016

  • Relatif berat
  • Throughput WiFi lambat
  • Kualitas suara yang buruk
  • Hasil kamera pucat dan kadang-kadang kabur
  • Tidak ada sensor cahaya ambient

Demikian semoga review ini bermanfaat. Terima Kasih.

Credit: Florian Wimmer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *