Tips Meningkatkan Kinerja Android Tanpa Root

Meningkatkan Kinerja Android Tanpa Root – Android adalah salah satu OS yang paling banyak digunakan oleh Smartphone. Ketika masih pertama kali, biasanya ponsel Android masih keadaan bersih dari aplikasi tambahan dan penggunaan data seperti cache masih sedikit sehingga ponsel berjalan responsive. Tapi seiring berjalannya waktu ponsel mulai terasa lambat dan semakin melambat tergantung bagaimana Kamu menggunakan ponselmu dan jumlah data yang tersimpan di dalamnya. Tidak berpengaruh apakah Kamu memakai ponsel harga mahal atau murah, pada akhirnya jika aplikasi dan datanya sudah menumpuk di ponsel maka ponsel akan terasa tidak responsif dan boros baterai.

Banyak pengguna berpikiran harus mulai me-root ponselnya untuk mengembalikan atau meningkatkan performa. Tapi itu tidak selamanya benar. Ponselmu pada awalnya dapat berjalan dengan responsif kan? Umumnya orang menemukan 4 sampai 5 solusi untuk memperbaiki masalah itu, namun belum tentu bisa diterapkan dalam semua kasus.

Berbicara tentang solusi, ada banyak kemungkinan penyebab di balik ponsel menjadi lambat. Hal ini bisa jadi disebabkan aplikasi yang tidak di-update. Hari ini Kita akan membahas semua kemungkinan yang berbeda untuk melihat mana yang mungkin bisa diterapkan pada ponselmu. Kamu akan menemukan solusi untuk ponselmu yang lambat dengan salah satu metode ini. Mari Kita mulai dengan 21 cara untuk membuat ponsel Androidmu berjalan lebih cepat.

Tips Meningkatkan Kinerja Android Tanpa Root

#1 Gunakan Launcher:

Ini adalah solusi yang paling umum dan mudah untuk masala layar Utama lambat atau tidak merespon. Jika Kamu menggunakan ponsel yang tidak di-update, Kamu mungkin mengalami perlambatan atau crash tiba-tiba saat membuka App Drawer, Bergulir antar layar Utama, dll. Launcher pihak ketiga akan menggantikan Stock Launcher-mu dengan Launcher yang lebih ringan, dilengkapi fitur terbar dan banyak perbaikan setelah di-update. Kemudian Launcher pihak ketiga juga akan selalu mendapat update dari pihak pengembangnya.

meningkatkan kinerja android launcher

#2 Matikan Sync

Banyak dari Kamu mungkin tidak menyadari terhadap background auto sync dari aplikasi. Auto Sync memakan RAM, CPU & Battery. Jika Kamu tidak ingin aplikasi seperti Gmail, Google Plus, Facebook, dll. untuk menampilkan pemberitahuan untuk setiap email masuk atau kegiatan apapun, Kamu dapat menonaktifkan fitur Auto sync atau menyetel agar tidak selalu menyinkronkan data, misalkan 1 jam sekali. Untuk menonaktifkannya, pergi ke Pengaturan> Cari Akun> Pilih Aplikasi yang Auto Sync-nya Ingin Dinonaktifkan > Kamu mungkin menemukan Simbol seperti  . Klik symbol itu dan hilangkan centang pada semua pilihan. Lakukan ini pada semua Aplikasi yang tidak banyak Kamu gunakan.

meningkatkan kinerja android sync

#3 Mematikan atau Mengurangi Animasi

Sebagian besar orang mengalami masalah lag saat membuka aplikasi atau yang lainnya. 90% disebabkan oleh masalah animasi, Mematikan Animasi akan memperbaiki masalah membuka aplikasi lama atau layar blank. Untuk mematikan animasi, pergilah ke Opsi Pengembang (Jika Kamu tidak dapat melihatnya, Buka Tentang Telepon> Tekan pada Built Number sebanyak 6-7 kali . Sekarang, Kembali ke Pengaturan lalu temukan Opsi Pengembang tepat di atas Tentang Telepon) Cari pilihan Image dan atur seperti dibawah ini:

  • Mengatur Skala Jendela Animasi menjadi “Animasi off”.
  • Atur Skala Transisi Animasi menjadi “Animasi off”.
  • Atur Skala durasi animator menjadi “Animasi off”.

meningkatkan kinerja android mematikan animasi

#4 Batasi penggunaan data:

Banyak Aplikasi memakan data internetmu di latar belakang yang akhirnya memperlambat ponselmu. Membatasi atau menonaktifkan penggunaan data ini mungkin tidak hanya mempercepat ponsemu, tetapi bisa membantu Kamu mengurangi biaya data yang harus dikeluarkan. Buka Pengaturan> Penggunaan Data dan gulir ke bawah untuk melihat aplikasi yang menggunakan data di latar belakang. Kemudian pasang aplikasi My Data Manager – Data Usage  dan gunakan aplikasi itu untuk membatasi penggunaan data.

 

#5 Ganti Kartu SD

Pernahkah Kamu bertanya, mengapa sebagian besar ponsel mahal tidak menggunakan Kartu SD? Alasannya adalah jika Kamu menggunakan Kartu SD yang harganya murah atau kecepatannya lambat akhirnya justru akan memperlambat ponselmu. Untuk menghindari ponsel melambat, menggunakan Kartu SD minimal Class 10 ke atas. Juga pindai Kartu SD-mu dari keberadaan virus atau data yang berantakan karena hal itu bisa menjadi alasan di balik performa lambat dari ponselmu.

meningkatkan kinerja android micro sd class 10

#6 Batasi Widget

Cobalah untuk menjaga Homescreen-mu sebersih mungkin. Mengisinya dengan Widget atau aplikasi akan memperlambat ponsel karena widget menggunakan RAM & CPU di latar belakang. Cobalah untuk membatasi jumlah widget untuk 1-2 saja.

 

#7 Hapus Apps berat:

Aplikasi berat seperti Facebook, Messenger, dan lain sebagainya, Kamu benar-benar akan mengalami perbedaan kinerja setelah menghapus semua aplikasi berat ini. Kamu dapat menggunakan alternatif yang seperti Facebook lite atau lainnya.

 

#8 Nonaktifkan Aplikasi Sistem:

Jika Kamu ponselmu terdapat aplikasi pra-instal. Aplikasi itu bisa menjadi alasan di balik performa lambat dari ponselmu. Seperti memang tidak mungkin untuk menghapus aplikasi tersebut tanpa akses root. Tapi Kamu dapat menonaktifkan aplikasi dengan cara Buka Pengaturan> Aplikasi> Cari Aplikasi dan klik Nonaktifkan/Disable. Hal itu seperti menghapus aplikasi.

 

#9 Hindari wallpaper hidup:Menggunakan Live Wallpaper

Sebagian besar orang menyukai live wallpaper karena rasanya lebih menarik saat melihat Homescreen bergerak. Tapi aplikasi ini adalah pemakan resource yang nyata. Sebuah live wallpaper mengkonsumsi sekitar 8-20MB RAM & 6-15% dari CPU di latar belakang, yang merupakan masalah besar untuk smartphone normal. Lebih baik untuk tetap dengan wallpaper statis / wallpaper normal.

 

#10 Beralih Runtime ( Android Kitkat dan di Atasnya ):

Jika Kamu menggunakan Android Kitkat atau versi yang lebih atas, Kamu dapat mempercepat Androidmu dalam beberapa detik. Beralih dari Dalvik ke ART akan meningkatkan kinerja & daya tahan baterai ponselmu. Meskipun tidak banyak dikembangkan di Kitkat. Tapi di ponsel lollipop Kamu akan menemukan perubahan drastis dalam kinerja ponselmu. Buka Opsi Pengembang (Jika Kamu tidak dapat melihatnya, Buka Tentang Telepon> Tekan pada Nomor Bentukan sebanyak 6-7 kali . Sekarang kembali ke Pengaturan dan temukan Opsi Pengembang tepat di atas Tentang Telepon). Menemukan pilih Runtime lalu Pilih ART dan restart ponselmu.

 

#11 Hapus Cache

Ini adalah solusi yang paling umum yang diberikan oleh sebagian besar pengguna Android. Semakin banyak aplikasi yang dipasang, semakin sering aplikasi digunakan akan membuat data cache dan sampah semakin menumpuk pada Androidmu. Gunakan CCleaner atau aplikasi sejenis untuk membersihkan data cache & file sampah pada ponselmu.

 

#12 Update Sistem Androidmu

Selalu lakukan update pada Android yang Kamu gunakan sekarang, karena kebanyakan dari update membawa peningkatan Kinerja, baterai & update keamanan. Jangan menghindari Update sistem karena di dalamnya membawa beberapa perbaikan utama ponselmu.

 

#13 Hapus Data yang Sudah Tidak Terpakai

Jika ponselmu penuh dengan Foto atau video yang sudah tidak digunakan lagi, Kamu dapat menghapusnya untuk membebaskan ruang yang digunakan oleh sistem. Cobalah untuk menjaga ponselmu sebersih mungkin untuk memberikan lebih banyak ruang untuk sistem agar dapat melakukan operasi dengan lancar.

 

#14 Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Pindahkan aplikasi ke Kartu SD untuk membebaskan memori internal sehingga bisa dimanfaatkan oleh sistem. Pastikan Kamu menggunakan Kartu SD berkualitas baik karena secara signifikan dapat mempengaruhi kinerja ponselmu. Pilihlah Katu SD minimal class 10 agar tidak terjadi lag atau proses baca/tulis lambat.

 

#15 Restart Teratur

Jangan lupa untuk me-restart ponselmu setiap 1-2 hari. Dengan me-restart ponsel maka ponsel seperti disegarkan kembali, selain itu sampah dari aplikasi juga akan dibersihkan ketika restart.

 

#16 Mengawasi Aplikasi

Pastikan Kamu mengawasi semua aplikasi di ponselmu dengan cara memeriksa Info Baterai, penggunaan RAM & Sinkronisasi Aplikasi. Kamu dapat melihat aplikasi yang menguras baterai  dengan menggunakan  aplikasi GSam Battery Monitor . Cobalah untuk menjaga aplikasi selalu up to date, menghapus apliaksi yang tidak terpakai dan beralih ke Mode Pesawat di daerah yang cakupan sinyalnya rendah untuk menghindari baterai terkuras.

 

#17 Factory Reset

Factory reset akan mengembalikan segalanya ke pengaturan pabrik (semua data pengguna akan terhapus). Dengan begitu Kamu akan merasakan ponselmu cepat seperti baru (walau tidak benar-benar baru). Jika Kamu khawatir datamu seperti Kontak, Pesan atau Call log akan terhapus, Kamu dapat mencadangkan data itu dengan menggunakan aplikasi Super Backup untuk Android. Factory Reset dapat menyelesaikan 95% masalah performa.

 

#18 Matikan Aplikasi Startup

Apakah Kamu pernah mengalami lag saat startup? Hal itu bisa disebabkan karena semua aplikasi di ponselmu dijalankan pada saat yang sama, mengakibatkan CPU harus lebih bekerja eras. Tapi Kamu bisa membatasi aplikasi startup pada saat boot tanpa root Androidmu. Pasang Startup Manager . Aplikasi ini dapat bekerja cukup baik & benar-benar gratis.

 

#19 Upload File pada Penyimpanan Awan

Upload file media yang tidak terpakai pada penyimpanan Awan/Cloud seperti Google Drive, Mediafire, dll. untuk membersihkan ruang & mendapatkan performa maksimal. Kamu dapat mengakses file-file tersebut ketika diperlukan.

 

Penutup

Kamu dapat mencoba semua metode di atas untuk memperbaiki kinerja. Meskipun judul mengatakan tanpa root, tetapi jika Kamu menggunakan Android 4.3 (versi lama) sebaiknya Kamu me-root ponselmu karena akan mempercepat perangkat 40-70% dibandingkan keadaan sekarang. Jika Kamu menemukan metode-metode tidak bekerja untuk ponselmu, Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Demikian semoga bermanfaat. Terima kasih.

Credit: Ajinkya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *