Firmware Zenfone 4: Upgrade dari Kitkat ke Lollipop

Hello sobat Belajar Androidku. Di kesempatan kali ini aku akan berbagi bagaimana cara mudah upgrade firmware zenfone 4 yaitu upgrade dari Kitkat (KK) ke Lollipop. Cara upgrade ini bisa digunakan untuk ponsel Asus Zenfone 4  dengan layar 4″ (A400CG) atau layar 4,5″ (A450CG). Firmware terbaru untuk Asus Zenfone 4 adalah Android Lollipop. Proses upgrade dapat dilakukan secara otomatis melalui On-The-Air (OTA) Update atau melalui cara manual.

Dengan melakukan update firmware maka akan terjadi beberapa perubahan. Untuk menghindari kehilangan data maka disarankan untuk melakukan backup data pribadi terlebih dahulu. Sebelum kita melihat bagaimana cara upgrade firmware Zenfone 4, mari kita lihat fitur yang dibawa oleh Update Lollipop:

  • Implement Android security patch for Stagefright.
  • Update several apps including ASUS Browser and Contacts.
  • Allow user to disable several preloaded apps.
  • Add ZenCircle.
  • Add Photo Collage.

Perhatikan juga bahwa beberapa fitur berubah dalam Lollipop:

  • Lockscreen: menghilangnya wallpaper & info cuaca
  • Dialer/Contacts: menurunkan jumlah tab dari 5 ke 3, menghapus grup nama/foto
  • Menghilangnya animasi dan cover pada layar panggilan telepon
  • Berubahnya desain Quick settings/Recent Apps

Cara Upgrade Firmware Zenfone 4 melalui OTA Update

  1. Pastikan ponsel Zenfone 4 terkoneksi dengan internet
  2. Buka Settings > About > System Update > pilih tombol Check Update
    Firmware Zenfone 4 kitkat ke lollipop
  3. Perhatikan apakah update terbaru sudah tersedia

Catatan: Upgrade melalui OTA update gagal dilakukan bisa disebabkan pengguna telah memodifikasi ponselnya atau karena alasan yang lain. Solusinya lakukan Upgrade manual. Caranya akan dijelaskan di bawah.

Cara Upgrade Firmware Zenfone 4 secara Manual

Sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini, kalian perlu mengetahui  model atau SKU (Stock Keeping Unit) yang digunakan perangkat Asus punyamu. Perhatikan versi software/firmware yang digunakan oleh Zenfone 4. Caranya cukup mudah:

Cara mengetahui model perangkat Asus

Buka Settings > About > perhatikan pada bagian “Model Number”, jika perangkat yang digunakan adalah Zenfone 4 (A400CG) maka akan tertulis “ASUS_T00I”
Firmware Zenfone 4 kitkat ke lollipop

Cara mengetahui versi software yang sedang digunakan perangkat Asus

Buka Settings > About > Software Information > perhatikan pada bagian “Build Number”, sebagai contoh di situ tertulis “ASUS_Z007_WW_user_4.11.40.119”

Perhatian! Dalam upgrade firmware kode SKU pada firmware harus sama dengan kode SKU pada perangkat. Jika salah memilih kode SKU maka akan terjadi fatal error. Contohnya: SKU CN >> CN, TW >>TW, WW >>WW

Kode CN artinya produk hanya beredar di China

Kode TW artinya produk hanya beredar di Taiwan

Kode WW artinya produk beredar global (worldwide)

Produk yang beredar di Indonesia umumnya menggunakan kode SKU WW, sehingga firmware yang digunakan juga harus berkode WW.

Cara Manual Upgrade dari Kitkat ke Lollipop

  1. Langkah pertama kalian perlu mengunduh firmware Lollipop dari situs Asus (www.asus.com/id), lalu ketikkan nama perangkatnya. Setelah ketemu, klik Driver dan Tool, lalu klik Firmware, pilihlah firmware yang cocok dengan perangkatmu
    Dalam panduan ini langsung aku beri link unduh firmware Zenfone 4 (A400CG dan A450CG)
    ASUS ZenFone4(T00I) software Image: V7.4.4 (Android L) – hanya untuk SKU WW
    ASUS ZenFone 4(A450CG) software Image: V5.4.2 (Android L) – hanya untuk SKU WW
  2. Pindahkan file firmware yang sudah diunduh tadi ke root direktory (jangan di dalam folder). Tambahan jika Zenfone 4 dalam kondisi dienkripsi maka lakukan dekripsi atau reset terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade
  3. Setelah file dipindahkan maka akan muncul notifikasi adanya update. Jika tidak muncul, matikan ponsel (pastikan baterai terisi minimal 50% atau hubungkan ke charger) lalu hidupkan kembali ponsel dan tunggu proses update selesai
    Firmware Zenfone 4 kitkat ke lollipop

Demikian panduan upgrade firmware Zenfone 4 dari Kitkat ke Lollipop. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau pengalaman silahkan berbagi di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *