Cara Mudah Root Xiaomi Redmi 3 tanpa PC / Unlock Bootloader

Cara Root Xiaomi Redmi 3 tanpa PC – Berbicara tentang modifikasi Android tentu tidak lepas dari yang namanya root Android. Yups, dengan akses root, kita akan bisa lebih leluasa memaksimalkan potensi terpendam dari ponsel Android. Bagi yang belum paham tentang root bisa baca artikel apa itu root Android dan 10 alasan kenapa harus root Android.

Pada dasarnya root Android termasuk tidakan yang ilegal dan dapat membatalkan garansi ponsel. Walaupun demikian tetap banyak pengguna yang tetap melakukan rooting. Bagi aku sendiri root adalah sah-sah saja asalkan dilakukan dengan cara yang tepat dan tentu resikonya ditanggung oleh pelakunya, haha..

Metode root yang ada saat ini sangat beragam. Satu metode root tidak dapat dipraktekkan pada semua perangkat Android. Alasannya karena masing-masing vendor akan berupaya untuk menutup celah keamanan yang biasa digunakan untuk mendapatkan akses root. Metode rooting jga berbeda-beda. Ada yang melalui komputer atau langsung melalui ponsel (tanpa PC) atau mungkin kombinasi ke dua-duanya. Namun untuk cara root Xiaomi Redmi 3 pada artikel ini menggunakan metode tanpa PC alias langsung dari ponsel yakni menggunakan aplikasi Root Xiaomi. Jika Kalian mau menggunakan aplikasi lain seperti King Root silahkan mencoba sendiri.

Ingat! Resiko akibat mengikuti panduan ini menjadi tanggung jawab penuh pengguna panduan. DO With Your Own Risk (DWYOR). Oke?

Cara Root Xiaomi Redmi 3 tanpa PC

Cara Root Xiaomi Redmi 3 tanpa PC

  1. Aktifkan USB Debugging Redmi 3, caranya buka Settings >About > tap 7x pada MIUI Version, kembali ke Settings > Additional Settings > Developer Options > beri tanda centang pada USB Debungging
  2. Aktikan Unkown Source Redmi 3, caranya buka Settings > Additional Settings > Privacy > beri tanda centang pada Unkown Source
  3. Unduh aplikasi Root Xiaomi, lalu install ke ponsel seperti biasa
  4. Setelah itu jalankan aplikasi Root Xiaomi, setelah terbuka tekan tombol berwarna putih
  5. Pada halaman berikutnya tekan tombol ROOT yang ada di tengah, lalu tunggu proses rootingnya selesai
  6. Setelah mencapai 100%, lalu keluar dari aplikasi
  7. Untuk lebih memastikan lagi, silahkan gunakan aplikasi Root Checker untuk melihat apakah sudah berhasil rooted atau belum.
    Cara Root Xiaomi Redmi 3 tanpa PC

Jika terjadi gagal root Xiaomi Redmi 3 maka coba lalukan beberapa hal di bawah ini:

  • Jika ponsel masih menggunakan MIUI versi distributor maka cobalah flash ke versi Global stable atau China Stable. Hal ini akan meningkatkan peluang keberhasilan root
  • Jika terjadi Force Close aplikasi maka solusinya coba lakukan wipe cache aplikasi, lalu coba kembali
  • Jika masih belum berhasil coba downgrade versi MIUI atau tunggu metode yang lebih baru
  • Anggapan root dapat menyebabkan bootloop tidak sepenuhnya benar. Jika prosedur dilaksanakan dengan tepat maka resiko seperti itu dapat diminimalisir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *