Cara Mudah Root Lenovo A6000/Plus Lollipop

Lenovo A6000 atau 6000 Plus telah mendapat update Android Lollipop. Jika saat masih di Kitkat perangkat Lenovomu telah di-root maka ketika sudah di upgrade ke Lollipop akses root akan hilang. Dan semua keuntungan dari akses root akan hilang. Untuk kembali akses root tidak terlalu sulit. Pada artikel ini Aku akan membahas bagaimana cara mudah root Lenovo A6000/Plus.

Metode yang digunakan di sini sama seperti ketika kita flash / memasang TWRP Lenovo A6000/Plus. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1 – 3 menit jika sesuai prosedur.

Peringatan! Resiko akibat mengikuti panduan ini 100% ditanggung oleh Kamu yang melakukan. Penulis tidak ikut bertanggungjawab seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan. Do With Your Own Risk (DWYOR). Namun panduan ini sudah teruji berhasil dan layak untuk diikuti.

Persiapan untuk Root Lenovo A6000/Plus Lollipop

  1. Awal dari semuanya adalah selalu lakukan backup personal data agar mengurangi resiko terburuk.
  2. Baterai Lenovo A600/SE/Plus minimal terisi 50%
  3. Aktifkan USB Debugging pada perangkat Lenovo A6000/SE/Plus, caranya:
    – Buka Settings (Setelan) > About Device (Tentang Perangkat) > Klik 8 – 10x pada Build Number (Nomor Bentukan)
    – Kembali buka Settings (Setelan) > Developer Options (Opsi Pengembang) > Beri tanda centang pada USB Debugging
    Cara root Lenovo A6000 Lollipop Cara root Lenovo A6000 Plus Lollipop
  4. Aktifkan Unknown Sources pada perangkat Lenovo A600/SE/Plus, caranya: Buka Settings (Setelan) > Security (Keamanan) > Beri tanda centang pada Unknown Sources (Sumber Tidak Dikenal)
  5. Instal aplikasi Minimal ADB and Fastboot pada PC/Komputer, unduh melalui link ini
  6. Unduh file recovery TWRP Lenovo A6000/Plus Lollipop dari link ini
  7. Unduh file SuperSU.zip dari link ini atau link ini

Catatan: Cara unduh di ouo.io: buka linknya kemudian klik pada kotak “Saya bukan robot”, jika muncul capcha maka selesaikan capcha-nya (gambar). Tunggu 3 detik, klik Get Link. Have fun!

Cara Root Lenovo A6000/Plus Lollipop

  1. Setelah file Reovery TWRP (recovery.img) terunduh, pindahkan file recovery.img ke direktori Minimal ADB and Fastboot, biasanya ada di “C:/Program Files (x86)/Minimal ADB and Fastboot atau C:/Program Files/Minimal ADB and Fastboot”
  2. Pindahkan juga file SuperSU.zip yang telah diunduh ke direktori terluar SD Card (jangan di dalam folder, untuk mempermudah saja)
  3. Sambungkan perangkat Lenovo A6000/Plus ke PC/Komputer melalui kabel USB
  4. Jalankan aplikasi Minimal ADB and Fastboot sebagai administrator, caranya bisa melalui ikon di menu Start atau dengan klik kanan folder Minimal ADB and Fastboot, lalu pilih Run as Administrator
  5. Setelah jendela Command Prompt (CMD) terbuka, pastikan perangkat (device) sudah terdeteksi oleh PC/Komputer dengan baik. Caranya ketikan kode dibawah ini lalu tekan Enter pada keyboard

    adb devices

    Jika perangkat sudah terdeteksi dengan baik maka Kamu akan mendapatkan jendela CMD seperti di bawah ini:
    Cara root Lenovo A6000 Lollipop Cara root Lenovo A6000 Plus Lollipop

  6. Sekarang reboot perangkat ke mode Bootloader/Fastboot, caranya ketikkan kode di bawah ini lalu tekan Enter pada keyboard

    adb reboot bootloader

  7. Setelah perangkat reboot dan masuk mode bootloader/fastboot, lakukan flash recovery TWRP ke perangkat, caranya ketikkan kode di bawah ini lalu tekan Enter pada keyboard

    fastboot boot recovery.img

  8. Setelah proses flashing selesai maka perangkat akan otomatis masuk recovery TWRP. Jika tidak coba matikan perangkat lalu hidupkan kembali perangkat dengan tekan dan tahan tombol “Power + Volume Atas” secara bersamaan sampai muncul logo Lenovo baru dilepaskan.
  9. Setelah masuk ke recovery TWRP, sekarang waktunya install SuperSU untuk mendapatkan akses root Lenovo A6000/Plus. Caranya:
    – Pilih Install dari menu utama TWRP
    – Pilih storage Eksternal/SD Card
    – Cari dan pilih file SuperSU.zip
    – Setelah proses install selesai, reboot perangkat ke system normal

Demikian artikel Cara mudah root TWRP Lenovo A6000/Plus Lollipop. Selamat mencoba semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau pengalaman silahkan berbagi di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *