Reset Ulang Android: Cara Mengembalikan Smartphone seperti Baru

Sobat Belajar Androidku, saat menggunakan smartphone Android, pernahkah Kamu merasa ponsel terasa semakin lambat dan sering nge-lag? Atau mengalami bootloop? Atau sistem error yang lainnya? Kebanyakan pengguna Android tentu pernah mengalaminya. Ketika mengalami hal tersebut rasanya sangat tidak nyaman dan produktifitas kita bisa menurun. Salah satu cara untuk mengatasi keadaan itu dengan reset Android atau Factory reset.

Reset Android atau factory reset bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu melalui aplikasi setelan, kode rahasia Android atau Recovery mode. Tujuan dari reset Android atau Factory reset adalah menghapus semua data Android kecuali yang ada di system. Sehingga Smartphone Android akan terasa seperti baru karena beban aplikasi dan memory kembali seperti ketika awal. Oleh karena itu, ada baiknya Kamu melakukan backup data baik manual ataupun melalui aplikasi seperti Titanium Backup. Tenang saja, khusus data yang ada di SD Card aman alias tidak ikut terhapus.

Reset Ulang Android melalui Pengaturan / Setting

Cara reset ulang yang pertama ini cukup mudah dilakukan. Janganlupa melakukan back data dulu yak. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Setting / Pengaturan
  • Gulir layar ke bawah dan pilih menu Backup and Reset atau Privacy (tergantung versi Android)
  • Berikutnya pilih Factory Data Reset
  • Tunggu proses reset ulang selesai. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3 sampai 10 menit tergantung dari data yang dimiliki smartphone. Jika sudah selesai smartphone aka restart secara otomatis
  • Selamat, smartphonemu sudah kembali seperti baru

Reset Ulang Android melalui Pengaturan Setting

cara reset lainnya bisa melalui dialer, yaitu dengan mengetik *2767*3855#. Cara ini lebih mudah lagi namun tidak universal untuk semua smartphone Android.

Reset Ulang Android melalui Recovery Mode

Oiya, cara reset ulang melalui pengaturan hanya bisa dilakukan jika smartphonemu bisa masuk ke Home Screen Android atau bisa booting normal. Lalu bagaimana jika kondisinya bootloop? Jangan khawatir, jika kondisinya bootloop atau tidak bisa booting normal, Kamu masih bisa melakukan reset ulang melalui recovery mode. Cara reset ini lebih universal dan hampir setiap smartphone Android bisa melakukannya.

Cara reset ulang Android melalui recovery mode dilakukan jika:

  • Smartphone Android berhenti di logo atau bootloop. Hal ini biasanya terjadi karena menginstal aplikasi yang tidak kompatibel atau tidak cocok
  • Lupa PIN atau Password dari smartphone Android
  • Smartphone Android tidak merespon artinya perangkat bisa booting ke home screen tapi tidak merespon sentuhan layar
  • Masalah software yang lain yang mengakibatkan tidak bisa melakukan reset ulang Android melalui pengaturan / setting

Cara Reset Ulang Android melalui Recovery Mode

1. Masuk ke Recovery Mode

Langkah pertama adalah masuk ke recovery mode. Caranya dari posisi perangkat mati tekan dan tahan kombinasi tombol, “Power + Volume Atas” secara bersamaan sampai ponsel bergetar atau muncul logo. Jika tidak berhasil cobalah kombinasi tombol yang lain seperti, “Power + Volume Bawah”. Pada perangkat Samsung bisa menggunakan kombinasi, “Home + Power + Volume Atas”.

Cara Reset Ulang Android melalui Recovery Mode

2. Lakukan Wipe Data / Factory Reset

Sampai di sini mari kita perhatikan recovery yang kita gunakan. Jika Smartphonemu masih menggunakan stok recovery maka pilihlah menu Wipe Data atau Factory Reset atau Menu yang sejenis. Untuk navigasi naik dan turun menggunakan tombol volume dan untuk memilih atau OK menggunakan tombol Power.

Cara Reset Ulang Android melalui Recovery Mode

Jika Kamu sudah menggunakan ClockWorkMod (CWM) Recovery maka caranya hampir sama, pilih Wipe Data/Factory Reset. Jika Kamu menggunakan TWRP Recovery maka caranya pilih menu Wipe, usap swipe pada slide Factory Reset. TWRP recovery telah mendukung touchcreen sehingga navigasinya bisa langsung di layar.

Cara Reset Ulang Android melalui Recovery Mode

3. Reboot Smartphone Androidmu

Setelah selesai melakukan reset ulang / Factory reset, silahkan reboot ke system normal dan lihatlah hasilnya.

Catatan: Cara reset ulang atau factory reset melalui recovery mode hanya akan berhasil jika tidak ada kerusakan data di dalam system. Seandainya cara ini belum berhasil maka solusi berikutnya adalah melakukan flash ulang firmware smartphonemu. Cara flash firmware bisa melalui PC atau langsung dari smartphone tergantung merek dan tipenya.

Demikian artikel Cara reset ulang Android. Semoga bermanfaat. Jika Kamu punya pertanyaan atau pengalaman reset ulnag Android silakan berbagi di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *