Cara Mudah Pasang TWRP di Andromax A dengan PC

Sobat Belajar Androidku. Beberapa artikel yang ditulis akhir-akhir ini banyak membahas khusus tentang Andromax A. Pada artikel ini juga masih sama, namun yang akan kita bahas adalah cara mudah pasang TWRP di Andromax A dengan PC / via PC. Karena memasangnya melalui PC maka Andromax A tidak perlu kondisi rooted. Cara ini sudah dicoba dan work pada versi (3.4 / 4.1 / 4.3). Jika Kamu punya firmware di atas versi itu, silahkan downgrade dulu, lihat cara mudah downgrade Andromax A tanpa PC atau cara downgrade Andromax A dengan PC.

Dengan memasang TWRP, Kita akan memperoleh fitur yang lebih luas dan banyak  daripada stock recovery. Contohnya Kamu bisa install custom ROM, install tweak, backup data, backup imei, root dan lain sebagainya. Pada dasarnya Custom Recovery bisa dipasang di ponsel Android langsung dari ponsel itu tanpa harus melalui PC, tapi pada panduan ini Kita coba yang pakai PC. Panduan pasang TWRP tanpa PC akan Aku tulis di artikel selanjutnya. Kita akan mencoba memasang TWRP melalui PC dengan memanfaatkan fitur ADB fastboot. Oke! Langsung saja kita bahas bagaimana caranya!

Alat dan Bahan untuk Pasang TWRP di Andromax A dengan PC

  1. Download dan Install USB Driver (PdaNet) ke PC
  2. Download dan Install Minimal ADB and Fastboot ke PC
  3. file boot.img
  4. file sysinfo.img
  5. file recovery.img (silahkan pilih, TWRP versi 2.8.7 atau 3.0.2)
  6. Download dan Install aplikasi MaxAPasswordDebug.apk ke Andromax A (aplikasi ini berfungsi untuk mencari password USB debug)
    Semua File sudah ada di link ini. Langsung bisa didownload.

Perhatian: Ikuti tutorial dengan seksama. Resiko akibat mengikuti tutorial ditanggung penumpang (DWYOR). Jangan lupa berdoa sebelum eksekusi.

Panduan Cara Mudah Pasang TWRP di Andromax A dengan PC

  1. Setelah MaxAPasswordDebug.apk terpasang lalu buka aplikasinya. Klik pada tombol “calculate” dan catat password debug yang ditampilkan.
    andromax a password debug pasang TWRP di Andromax A dengan PC
  2. Sambungkan Anromax A ke PC melalui kabel USB, lalu aktifkan USB Debugging (Jika diminta password maka masukkan password yang sebelumnya telah dicatat)
  3. Aktifkan pilihan buka kunci oem
  4. Jika driver PdaNet sudah tepasang maka akan muncul pemberitahuan di Andromax A dan pilih Ijinkan
  5. Jika Minimal ADB Fastboot sudah terpasang, bukalah direktori “Minimal ADB Fastboot” (biasanya ada di “C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot”)
  6. Copy file boot.img, sysinfo.img dan recovery.img ke dalam folder “Minimal ADB Fastboot
  7. Buka aplikasi Minimal ADB Fastboot dan ketikkan kode di bawah ini. lalu tekan Enter. Jika device ID Andromax A sudah ada berarti ADB sudah terhubung.

    adb devices

    pasang TWRP di Andromax A dengan PC adb

  8. Berikutnya ketik kode dibawah ini lalu tekan Enter maka Andromax A akan otomatis restart ke fastboot mode

    adb reboot bootloader

  9. Tabap selanjutnya adalah melakukan flashing file-file yang sebelumnya telah didownload dan di-copy ke folder “Minimal ADB Fastboot”. Ketik kode di ini lalu tekan Enter. Setelah selesai maka Andromax akan restart otomatis ke system

    fastboot flash boot boot.img
    fastboot flash sysinfo sysinfo.img
    fastboot flash recovery recovery.img
    fastboot reboot

  10. Terakhir cek apakah TWRP sudah terpasang. Caranya matikan Andromax A lalu tekan kombinasi tombol ini secara bersamaan: “Power + Volume Atas.” Jika bisa masuk ke TWRP Recovery maka Selamat usahamu telah berhasil.
    NB: Jika mau melakukan root Andromax A maka tinggal install supersu.zip melalui TWRP

Demikian panduan cara mudah pasang TWRP di Andromax A dengan PC. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Ada koreksi, pertanyaan ataupun komentar silahkan mengetik di kolom komentar. Terima kasih.

Credit: Om Ade Satria (Tutorial dan File bahan), Om Aida (Tutorial), All Member Grup Andromax A

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *