Cara Mudah Mengganti Font Android Tanpa Root

Hello Sobat, Kali ini Aku mau berbagi tips cara mudah mengganti font Android tanpa root. Dalam hampir semua kasus, font default di ponsel Android atau tablet sudah mencukupi yaitu Font Roboto. Font bawaan ini terlihat menyenangkan dan biasanya ukurannya sudah tepat untuk mendapatkan kenyamanan. Tapi, akan selalu ada pengguna Android yang ingin memilih beberapa jenis huruf lainnya. Mereka ingin mencoba berbeda dari umumnya pengguna Android. Dan akan selalu ada beberapa orang yang bermain-main dengan font perangkat Android mereka hanya untuk mendapatkan kesenangan.

Jika Kamu termasuk salah satu atau kedua kelompok itu, Kamu berada di tempat yang tepat. Hal yang bagus tentang Android adalah sebuah sistem operasi mobile yang sangat mudah disesuaikan. Bahkan memungkinkan Kamu untuk mengubah font yang digunakan oleh user interface-nya. Mengubah font Android tidak selalu mudah. Dalam banyak kasus, mengganti font Android memerlukan beberapa pengetahuan teknis.

Dalam panduan ini, Aku mencoba berbagi cara mudah mengganti font Android Tanpa Root. Sebenarnya cara mengganti font Android  bisa melalui 2 cara yaitu tanpa root dan dengan root. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Agar tidak bingung panduan dibagi menjadi dua. Untuk panduan pertama adalah cara mudah mengganti font Android Tanpa Root. Yang kedua adalah cara mudah mengganti font Android dengan Root.

Cara Mudah Mengganti Font Android Tanpa Root

Beberapa Ponsel Telah Memiliki Menu Khusus untuk Mengganti Font Android!

Sementara ROM stock Android tidak memiliki kemampuan untuk mengganti font Androidmu, banyak produsen telah menyesuaikan software mereka untuk mendukung fitur ini. Produsen ini termasuk perusahaan penting seperti Samsung, HTC dan LG.

mengganti font android tanpa root

Proses ini dapat berubah/berbeda tergantung pada ponsel yang Kamu gunakan. Ttetapi Kamu akan selalu dapat menemukan opsi mengganti font ini di dalam pengaturan. Opsi ini biasanya ada pada bagian Display (Layar). Dari sana Kamu dapat mengganti font yang digunakan oleh sistem, serta ukuran font.

Misalnya, beberapa perangkat Samsung Android membiarkan Kamu mengubah gaya/jenis font. Samsung telah memasukkan (pra-instal) beberapa font/huruf tambahan selain default, tetapi Kamu bisa mendapatkan lebih banyak font secara online melalui Google Play Store.

Mengaktifkan font baru hanya membutuhkan langkah singkat ke Pengaturan> Tampilan> Font Style . Hanya cukup tekan nama font yang Kamu inginkan, dan pastikan bahwa Kamu mengaturnya sebagai font sistem. Font/huruf akan langsung diganti seketika. Tidak perlu reboot/restart ponsel. Font yang dipilih akan ditampilkan ke seluruh antarmuka/user interface perangkat seperti jam pada status bar, menu sistem, dan bahkan pada pesan teksmu.

Launcher Selalu Menjadi Jawaban untuk Mengganti Font Android Tanpa Root

Apakah produsen ponselmu tidak memberikan menu khusus untuk mengganti font? Jangan khawatir. Salah satu cara mengganti font Android tanpa root adalah melalui aplikasi custom Launcher. Beberapa custom Launcher menggabungkan fungsi untuk mengganti font, sementara sebagian yang lain akan memerintahkan Kamu untuk menginstal tema.

mengganti font android tanpa root

Salah satu custom Launcher yang cukup terkenal yang menyediakan cara mengganti font adalah GO Launcher . Untuk mengubah gaya font di GO Launcher, lakukan hal berikut:

  1. Pindahkan file font TTF-mu ke telepon.
  2. Buka aplikasi GO Launcher.
  3. Temukan menu Tools dan bukalah.
  4. Tekan pada ikon Preferences.
  5. Gulir ke bawah untuk menemukan Personalization dan pilih.
  6. Ketuk  Font .
  7. Ketuk Select Font dan tekan pada font yang ingin Kamu gunakan.

mengganti font android tanpa root go launcher

Perubahan font akan segera terlihat. Tidak perlu reboot ponsel. Jika Kamu ingin lebih banyak font untuk digunakan oleh GO Launcher EX, silahkan download dan instal aplikasi GO Launcher Font .

Download Go Launcher

Mengganti Font Android dengan Aplikasi iFont

Aplikasi iFont juga dapat digunakan untuk mengubah font. Satu-satunya masalah adalah bahwa penggunaan aplikasi ini sangat terbatas dan hanya bekerja pada perangkat Samsung. Namun ini hanya pada sebagian kasus, tetapi saat ini pengembang juga telah mendukung ponsel Xiaomi, Meizu dan Huawei. Serta ponsel HTC, Sony dan Motorola yang telah di-root.

Pada pada ponsel yang belum di-root, menggunakan tab online iFont untuk mencari font yang tersedia. Untuk menggunakan font pada daftar, lakukan hal berikut:

  1. Aktifkan pemasangan aplikasi dari “Sumber tidak dikenal.” Pilihan ini biasanya dapat ditemukan di Pengaturan> Keamanan .
  2. Jalankan aplikasi iFont. Lalu buka tab online.
  3. Tekan pada nama font yang ingin Kamu instal.
  4. Ketuk tombol Download.
  5. Ketuk tombol Set. Atau pergi ke Pengaturan> Tampilan> Font Style . Font baru yang telah diinstal akan muncul di daftar.
  6. Tekan pada font baru untuk menggunakannya sebagai sistem font.
  7. Font segera diterapkan. Tidak diperlukan reboot ponsel.

mengganti font android dengan root ifont

Anda juga dapat menyalin font TrueType (TTF) dari PC ke direktori /sdcard/ifont/custom; font baru akan muncul pada tab Custom. Tapi, untuk dapat menginstal dan menggunakan font, Kamu akan memerlukan ponsel yang telah di-root. (Untuk panduan menggunakan aplikasi ini pada ponsel root, lihat lanjutan artikel ini.)

iFont gratis dan tidak menampilkan iklan. Aplikasi ini bekerja cukup baik pada beberapa ponsel (termasuk ponsel non-Samsung) yang telah diuji.

DOWNLOAD IFONT

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa melihat lanjutan artikel ini, Cara Mudah Mengganti Font Android dengan Root. Terima kasih.

Credit: Team AA (Android Authority)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *