Cara mudah menyembunyikan file, foto dan aplikasi di Android

Hello bro, sis. Kali ini Aku akan berbagi tentang cara menyembunyikan file, foto dan aplikasi di Android. Smartphone sekarang seperti telah menjadi kebutuhan pokok manusia. Mudahnya hampir segala sesuatu bisa diperoleh atau dikendalikan dari smartphone. Tentu ada saja orang orang yang jahil atau jahat yang ingin membuka-buka smartphone Androidmu, entah membuka file, foto ataupun aplikasi. Jika Kamu ingin privasi seperti file, foto dan aplikasi aman dari orang-orang itu, Kamu perlu meningkatkan keamanan smartphone Android

Teknologi telah membuat perangkat smartphone menjadi identitas Kita. Gagasan bahwa smartphone telah menjadi perpanjangan dari tubuh Kita bukanlah hal yang baru. Sama seperti saat Kamu mengungkapkan sebagian dari dirimu kepada orang lain dan menyembunyikan sebagian yang lain, yaitu keinginan untuk menyembunyikan file, foto dan aplikasi agar tidak diakses oleh orang lain.

Mungkin Kamu punya beberapa gambar yang tidak ingin diketahui oleh Ibu atau Ayahmu ketika mereka meminjam smartphone Androidmu. Mungkin Kamu memiliki beberapa dokumen pribadi yang berisi informasi pribadi yang sensitif. Mungkin Kamu memiliki aplikasi yang tidak cukup ‘ramah anak‘. Kamu merasa cukup aman menyerahkan smartphonemu kepada keponakanmu sehingga dia bisa bermain Angry Birds .

Apa pun alasannya, ada banyak pilihan ketika datang untuk menyembunyikan konten di smartphone Androidmu. Kita akan melihat beberapa cara yang ada di sini dan mendiskusikan manfaat dan risiko masing-masing.

Cara Menyembunyikan File di Android

Sebagian besar perangkat Android tidak benar-benar memiliki kemampuan dasar untuk menyembunyikan berbgai konten, jadi tidak peduli apa yang Kamu ingin lakukan, Kamu mungkin akan harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Mari kita mulai dengan dasar-dasar dan belajar untuk menyembunyikan beberapa file pada umumnya.

Sebuah aplikasi yang solid untuk tugas ini adalah File Hide Expert . Ini adalah aplikasi gratis dan  memungkinkan Kamu menyembunyikan dan menampakkan file di Android dengan mudah. Untuk menggunakan dan menjalankan aplikasi ini, pertama download aplikasi dari Google Play Store. Ketika Kamu membuka aplikasi, Kamu akan menerima pesan yang menunjukkan bahwa daftar file yang tersembunyi masih kosong. Ketuk ikon folder di kanan atas layar untuk mulai menyembunyikan file.

Cara Menyembunyikan File di Android file hide expert

Aplikasi ini bekerja seperti aplikasi file manager standar. Selama Kamu tahu di mana file itu berada, Kamu dapat menyembunyikan file itu. Tambahkan file yang ingin Kamu sembunyikan dan kemudian kembali ke layar utamamu.

Cara Menyembunyikan File di Android file hide expert

Dari sini, ketuk “Hide All” akan menandai semua file yang membuat file itu tidak dapat diakses oleh peminjam smartphone. File itu tidak akan muncul lagi di manajer file lain atau galeri. Untuk membuat file itu kembali terlihat, cukup membuka File Hide Expert dan tekan “Restore All.”

Cara Menyembunyikan File di Android file hide expert

Tentu saja, ini tidak membuat kontenmu aman. Setelah semua, siapa saja bisa membuka File Hide Expert dan melihat semua file yang Kamu sembunyikan. Sebuah ide yang cerdas menggunakan password File Hide Expert.

Cara Menyembunyikan File di Android file hide expert

Tekan tombol Menu dan kemudian Settings. Opsi pertama akan mengaktifkan password. Centang kotak itu, dan Kamu akan diminta untuk memasukkan password untuk menggunakannya. Hati-hati jangan melupakan password ini, karena Kamu akan perlu menggunakannya setiap kali Kamu membuka File Hide Expert. Kamu tentu tidak ingin masuk ke sebuah situasi di mana Kamu tidak dapat mengembalikan file yang telah disembunyikan!

DOWNLOAD FILE HIDE EXPERT DARI GOOGLE PLAY

Cara Menyembunyikan Foto di Android

Sekarang, meskipun File Hide Expert secara teknis bekerja untuk setiap jenis file yang dapat Kamu bayangkan, tapi itu bukan benar-benar cara yang paling efisien untuk menyembunyikan foto. Jika Kamu adalah tipe orang yang suka memotret sesekali agak gambar yang bersifat cabul. Kamu mungkin akan memiliki pengalaman yang lebih baik dengan menggunakan KeepSafe .

KeepSafe pada dasarnya menciptakan kubah digital pada Androidmu di mana Kamu dapat melemparkan apapun yang tidak ingin muncul di tempat lain. Kamu harus membuat PIN untuk menggunakan setiap kali ingin mengakses aplikasimu, dan itu membuat semua file sensitifmu di satu lokasi. Ada juga pilihan untuk membackup file pribadimu ke awan/cloud, jika Kamu merasa nyaman melakukannya. Dengan cara itu Kamu dapat memulihkan gambarmu ketika data smartphone hilang/rusak atau smartphonemu hilang.

KeepSafe dengan cepat menjadi salah satu aplikasi privasi yang paling banyak digunakan, dan versi saat ini adalah gratis untuk digunakan dengan fitur premium tersedia dengan membayar $ 4,99 per bulan. Layanan backup cloud gratis, tapi versi premium memberikan fitur tambahan seperti tema PIN manis, PIN palsu yang memungkinkan pengguna berpikir mereka telah memperoleh akses ke file tersembunyimu jika mereka menggunakannya, dan “pintu rahasia” yang menyamarkan KeepSafe sebagai aplikasi utilitas kecuali Kamu menekan pada ikon. Anggota premium juga mendapatkan “Break-in Alert” sistem yang mencatat upaya gagal sehingga Kamu dapat melihat apakah orang lain telah berusaha untuk mendapatkan file pribadimu. Selain gambar bersembunyi, KeepSafe juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data sensitif seperti password dan kartu ID.

Cara Menyembunyikan gambar di Android keepsafe

Pengaturannya sangat mudah. Cukup download aplikasi dari Google Play Store dan panduan setup akan memandumu melalui pengaturan PIN.

Cara Menyembunyikan gambar di Android keepsafe

Kamu dapat menambahkan foto ke KeepSafe dengan membuka folder dan menekan ikon ‘add picture’ di kanan bawah. Menggunakan browser untuk memilih foto yang ingin disembunyikan.

Cara Menyembunyikan gambar di Android keepsafe

Atau, Kamu dapat menambahkan file ke lemari besi dengan mengakses galeri Androidmu, tekan tombol “Share” pada gambar yang diinginkan, dan pilih KeepSafe dari daftar pilihan. Cara ini akan memindahkan foto ke koleksi pribadimu dan menghapus gambar aslinya dari galeri. Mudah kan?

DOWNLOAD KEEPSAFE DARI GOOGLE PLAY

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Pernah bosan melihat adanya apliaksi bawaan sialan (bloatware) yang datang dengan smartphonemu dan Kamu tidak dapat menghapusnya tanpa rooting? Apakah laci aplikasimu (app drawer) penuh sesak dengan aplikasi yang jarang Kamu gunakan, sehingga Kamu jadi pusing karena banyaknya aplikasi itu? Menyembunyikan aplikasi adalah cara yang baik untuk membersihkan laci aplikasimu (app drawer) dan menjaga orang lain dari aplikasi yang Kamu anggap pribadi atau hanya untukmu.

Beberapa stok launcher menawarkan fungsi ini (menyembunyika n aplikasi) langsung dari kotak menu. Sebagian besar pengguna Samsung, misalnya, memiliki kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi tanpa perlu memasang aplikasi pihak ketiga. Jika launcher Androidmu tidak mendukung fitur menyembunyikan aplikasi, coba gunakan Nova Launcher. Ini adalah salah satu launcher yang baik , dan memberikanmu kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi dengan pilihan sederhana dan intuitif.

Pasang Nova Launcher dan buka laci aplikasi. Arahkan ke Nova Settings> App & widget drawers> Hide Apps. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan, dan mereka tidak akan muncul pada laci aplikasimu lagi.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Untuk menampilkan aplikasi itu lagi, hanya kembali ke menu yang sama dan hapus centang pada aplikasi yang diinginkan.

DOWNLOAD NOVA LAUNCHER DARI GOOGLE PLAY

Sebuah Perbaikan Kecil pada Stok Android

Ada cara gila mudah untuk menyembunyikan seluruh folder tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Perbaikan sederhana ini akan mencegah foto muncul di galeri, file audio muncul di music player, dan dokumen muncul di aplikasi editing. Namun, file tersebut tidak benar-benar tersembunyi, karena semua yang Kamu lakukan adalah mengubah nama folder dalam sedemikian rupa sehingga Android mengabaikannya.

Menggunakan file manager Android , cukup menambahkan “.”  ke depan nama folder yang ingin disembunyikan. Jika Kamu ingin merasa super licik, mencobalah mengubah nama folder menjadi nama yang membosankan seperti “.simdata” atau “.systeminfo” atau apa pun.

Kesimpulan

Ingat bahwa aplikasi ini diciptakan untuk mengamankan file dari tangan pengguna lain yang umum. Jika seseorang dengan keterampilan tinggi akan benar-benar menjadi masalah serius untuk mendapatkan data pribadimu, mereka akan dapat menghindari metode pengamanan dari aplikasi ini. Keamanan terbaik adalah untuk memastikan bahwa orang tersebut tidak menguasai smartphonemu , dan untuk memastikan Kamu menggunakan pengunci layar. Pertimbangkan menyembunyikan konten yang sangat sensitif pada perangkat non-mobile, contoh komputer.

Ini semua adalah saran untuk menyembunyikan file, foto dan aplikasi di Android. Apakah Kamu memiliki metode privasi lain yang lebih Kamu sukai? Jika demikian, mari kita diskusikan di kolom komentar!

Credit: John Dye

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *