Cara Mudah Mengubah Aplikasi Default di Android

Cara Mudah Mengubah Aplikasi Default (bawaan) di Android – Sobat Belajar Androidku, masalah yang akan Kita bahas kali ini mungkin biasa dijumpai. Ketika Kamu ingin membuka suatu file dengan aplikasi tertentu (dengan beberapa alasan), ternyata Android justru membuka file itu dengan aplikasi lain yang tidak Kamu harapkan. Contohnya ketika Kamu membuka file video/film dengan aplikasi MX Player, ternyata file video/film itu justru terbuka dengan aplikasi video player bawaan. Padahal Kamu ingin memutar video/film itu beserta dengan subtitle-nya. Nah, hal itu terjadi karena Kamu memiliki aplikasi default (bawaan) yang salah dipilih untuk jenis file itu. Kamu berada di tempat yang tepat, Namun dalam panduan singkat ini, Aku akan mencoba berbagi tips kepadamu bagaimana cara mengubah aplikasi default (bawaan) di OS kesayangan Kita, yaitu Android.

Ingat: jika Kamu pengguna Android yang sudah berpengalaman, Kamu mungkin tidak terlalu membutuhkan informasi dari panduan ini. Kita akan coba belajar tips ini dengan kecepatan yang nyaman. Tujuannya agar umumnya para pengguna bisa mencerna informasi yang ada dalam panduan ini dan tidak menyebabkan perdarahan otak atau kepala sampai berasap hany karena kesulitan memahami panduan ini, Oke, mari Kita lanjutkan!

Bagaimana Mengatur Aplikasi Default (Bawaan)??

mengubah aplikasi default di android

Cobalah mendownload dan menginstal aplikasi Default App Manager Lite. Aplikasi yang satu ini akan menyelesaikan semua masalahmu. Serius!. Aplikasi mini dari pihak ketiga ini bertugas mengatur aplikasi default . Ia melakukan pekerjaan yang besar dengan menampilkan dan mengubah aplikasi default untuk berrbagai jenis file umum. Kamu hanya cukup menginstalnya saja, lalu menjalankannya. Selanjutnya pilih aplikasi apa yang ingin Kamu gunakan untuk membuka file apapun atau fungsi lainnya. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan informasi tentang apa yang digunakan sebagai default (bawaan) pada ponselmu dan mengubahnya sesuai preferensimu. Klik tombol di bawah untuk download dari Play Store dan segera menyelesaikan masalah aplikasi default. Jika cara ini sudah dapat menyelesaikan masalahmu maka Kamu tidak boleh melewatkan lanjutan dari artikel ini.

DOWNLOAD DI PLAY STORE

Cara mengatur aplikasi default jika sebelumnya belum diatur

Sistem operasi Android menggunakan konsep yang cukup licin disebut “implisit intent.” Pada dasarnya, jika pengguna (user) atau sebuah aplikasi ‘memanggil’ perangkat/smartphone untuk menjalankan suatu tugas misalkan, “memutar video,” maka sistem operasi (Android) akan mencari sebuah aplikasi yang bisa menyelesaikan tugas itu. Jika terdapat lebih dari satu pilihan aplikasi yang tersedia dan sebelumnya pengaturan aplikasi default/bawaan belum ditetapkan maka Android akan meminta pengguna (user) manakah aplikasi yang akan dijadikan preferensi pengguna (default). Hal ini menjadikan pengaturan aplikasi default mudah dan intuitif.

Mulailah aktivitas baru

Mulailah membuat aktivitas baru dengan aplikasi yang ingin Kamu tetapkan menjadi default. Hal ini dapat Kamu lalukan dengan membuka suatu layanan tertentu (misalkan membuka peta) atau membuka file tertentu (misalnya file musik atau video) maka kotak pengaturan pilihan aplikasi default akan muncul. Jika pilihan aplikasi tidak muncul berarti ada dua kemungkinan, Pertama, Kamu hanya memiliki satu aplikasi saja yang dapat menyelesaikan aktivitas/tugas itu, Atau kedua, Kamu sebelumnya telah menetapkan salah satu aplikasi sebagai aplikasi default.

Pilih “Always” (“Selalu”)

Sebuah kotak dialog akan muncul dan memberikanmu daftar aplikasi yang dapat Kamu gunakan. Pilih aplikasi yang Kamu inginkan. Ketika ditanya apakah Kamu ingin menggunakan aplikasi ini “Just Once (Hanya sekali)” atau “Always (Selalu),” maka pilih “Always (Selalu)” untuk mengatur aplikasi itu sebagai default untuk aktivitas ini.

mengubah aplikasi default di android

Di sinilah beberapa pengguna menetapkan aplikasi default tanpa sengaja karena tidak tahu fungsinya. Jika Kamu memilih “Always (Selalu),” maka Kamu tidak akan diminta memilih aplikasi lagi ketika menjalankan aktivitas yang sama. Preferensi yang Kamu pilih akan terus diingat oleh perangkat. Namun, jika Kamu mendownload atau menginstal aplikasi baru yang mampu melaksanakan aktivitas atau tugas yang sama maka sekali lagi akan muncul pertanyaan, “Just Once” dan “Always.”

Mengubah Aplikasi Default Individu (Satu per Satu)

Katakanlah Kamu ingin mencampur hal-hal kecil. Contoh kasus, suatu ketika Kamu tidak ingin membuka peta Google melalui aplikasi Google Maps lagi. Sekarang Kamu ingin membuka peta Google melalui Web Browser ponsel tapi Kamu tidak ingin mencopot (uninstal) aplikasi Google Maps. Lalu bagaimana caramu menghentikan Android untuk selalu membuka link peta Google dengan aplikasi Google Maps?

Tidak masalah! Hanya cukup mengatur ulang aplikasi default dan pilih aplikasi lain ketika ditanya tentang aplikasi default. Berikut panduan secara rinci:

Pergi ke Settings (Pengaturan)

Pertama, pergi ke Settings (Pengaturan) pada ponsel Androidmu. Ini hampir selalu berupa ikon berbentuk roda gigi terletak di antara laci aplikasi atau dalam menu ‘pull-down’ dari homescreen-mu.

Pilih Apps (Aplikasi)

Di bawah Settings (Pengaturan), cari “Apps” (Aplikasi) atau “App Settings.” Kemudian pilih tab “All Apps” (Semua) di dekat bagian atas.

mengubah aplikasi default di android

Pilih Aplikasi yang Sebelumnya Dijadikan Default

Temukan aplikasi yang digunakan oleh Android sebagai aplikasi default. Ini adalah aplikasi yang tidak ingin Kamu gunakan lagi untuk aktivitas ini.

mengubah aplikasi default di android

Reset Pengaturan Default

Pada pengaturan Aplikasi, pilih ‘Clear Default’ (Hapus Default).

mengubah aplikasi default di android

Kembali ke Aktivitas Awal

Kembali ke aktivitas yang ingin Kamu lakukan. Misalnya jika Kamu tidak ingin aplikasi Google Maps sebagai default, Kamu bisa membuka link peta/lokasi (contohnya dari Whatapps atau BBM). Hal ini akan memicu “implisit intent” dan memunculkan kotak pilihan aplikasi karena Android tidak lagi memiliki pengaturan aplikasi default. Kotak ini akan memintamu memilih aplikasi mana yang akan Kamu gunakan.

Pilih Aplikasi Default Baru

Ketuk aplikasi yang ingin Kamu gunakan dan kemudian tekan “Always (Selalu).”

mengubah aplikasi default di android

Yeah! Kamu telah Berhasil!

Misi selesai. Kamu boleh memberikan tepuk tangan untuk dirimu atas pencapaianmu. Mulai sekarang, Android akan menganggap aplikasi yang Kamu pilih sebagai default untuk kegiatan ini.

Opsi Bom: Reset Semua Aplikasi Default

Jika Kamu tidak bisa menemukan manakah aplikasi default yang Kamu cari dan kotak pilihan aplikasi default tidak muncul padahal semua langkah di atas telah Kamu lakukan. Tenang, masih ada harapan!

Namun, ingatlah bahwa dengan prosedur ini, mungkin semua aplikasi yang telah dinonaktifkan (disable) akan kembali aktif, opsi pengaturan tiap aplikasi akan diatur ulang (di-reset), menghapus pengaturan pembatasan data latar belakang aplikasi dan pembatasan izin aplikasi tertentu. Kamu tidak akan kehilangan data apapun. Tapi jika Kamu bermain-main dengan banyak pengaturan aplikasi, Kamu mungkin harus melakukan cukup banyak konfigurasi ulang untuk mendapatkan bagaimana aplikasi berjalan seperti sebelumnya.

Pergi ke Settings (Pengaturan)

Mulai dengan mengakses Settings melalui ikon roda gigi di laci aplikasi atau menu pull-down homescreen.

Pergi ke Apps (Aplikasi)

Menemukan dan pilih “Apps (Aplikasi)” atau “App Settings” .

mengubah aplikasi default di android

Ketuk menu tiga titik

Dari daftar aplikasi, ketuk ikon Opsi di sudut kanan atas layar.

mengubah aplikasi default di android

Bom semuanya

Dari menu yang turun ke bawah, pilih “Reset app preferences.”

mengubah aplikasi default di android

Sebuah layar peringatan akan muncul mengingatkan Kamu bahwa operasi ini akan melakukan lebih dari sekedar mengatur ulang semua default. Sekali lagi, Kamu tidak akan kehilangan data apapun. Tekan “Reset Apps” untuk mengkonfirmasi operasi. Sekarang Kamu akan bebas untuk memilih semua aplikasi default baru melalui metode normal.

mengubah aplikasi default di android

Kesimpulan

Inti dari aplikasi default adalah untuk membuat interaksi antara Kamu dengan perangkat Androidmu menjadi mudah dan lebih intuitif. Jangan biarkan aplikasi default sengaja ditugaskan memperlambat pekerjaanmu! Kendalikan perangkatmu dengan menyingkirkan default yang tidak diinginkan dan gunakan aplikasi yang benar-benar ingin Kamu gunakan. Jika Kamu punya beberapa tips yang lebih baik atau ada sesuatu yang Kita lewatkan, silahkan menulisnya di kolom komentar!

Credit: John Dye

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *