Cara Mudah Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debungging di Android

Sobat Belajar Androidku, Alhamdulillah penulis masih diberi kesempatan untuk berbagi informasi. Kali ini Aku ingin berbagi tentang cara mengaktifkan opsi pengembang pada ponsel Android.

Bagi Kamu para pengguna Android yang ingin sedikit bermain atau ngoprek ponsel Android, namun bingung mau mulai dari mana, mungkin mengaktifkan opsi developer dan USB Debugging Android bisa menjadi langkah awal untukmu.

 

Dalam perkembangan sistem Android mulai dari versi awal sampai versi Nougat (versi terakhir ketika artikel ditulis) juga terdapat sedikit perubahan cara mengaktifkan opsi pengembang dan USB Debungging. Selain itu beberapa ROM variasi seperti MIUI atau ROM lainnya juga sedikit berbeda dengan Stock ROM Android maka untuk mempermudah Aku coba membagi cara sesuai dengan versi dan tipe ROM Android.

Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debungging pada versi Gingerbread (Android 2.3):

Buka Setelan (Pengturan) >  Aplikasi > Pengembang > USB Debugging

Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debungging pada versi Ice Cream Sandwich (Android 4.0):

Buka Setelan (Pengaturan) > Opsi Pengembang > USB Debugging

Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debungging pada versi Jelly Bean (Android 4.1):

Buka Setelan (Pengaturan) > Opsi Pengambang > USB Debugging

 

Kemudian mulai versi Jelly Bean (Android 4.2) ke atas yaitu Kitkat, Lollipop, Marshmallow dan Nougat, Google telah menyembunyikan opsi pengembang ini. Untuk menampilkannya Kamu perlu melakukan cara unik yaitu menekan beberapa kali pada salah satu baris info di dalam “Tentang Ponsel”. Entah apakah maksud Google menyembunyikannya. Mungkin saja ingin menghidari para pengguna Android pemula untuk merubah setelan penting di opsi pengembang. Kenyataannya, opsi pengembang merupakan inti dari pengembangan Android, sehingga Google tidak bisa menghilangkan opsi ini selama Android masih bersifat open source. Cara mengaktifkannya hampir sama dan juga tidak terlalu sulit.

cara memunculkan opsi pengembang

Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debungging pada versi Jelly Bean (Android 4.2), Kitkat, Lollipop, Marsmallow dan Nougat.

  1. Buka menu Setelan > Tentang pada ponsel atau tablet Androidmu (namanya mungkin sedikit berbeda pada beberapa nama ponsel, contoh: Tentang Ponsel, Tentang Tablet atau About (dalam bahasa inggris))
  2. Jika Kamu memiliki Samsung Galaxy jenis apapun maka caranya buka Setelan> Umum > Tentang.
  3. Lalu gulir ke bagian ‘Build Number‘ atau ‘Nomor Bentukan‘, dan tekan cepat sebanyak 7 kali.
  4. Setelah itu, Kamu akan melihat pesan “Kamu sekarang pengembang!” atau “Opsi Pengembang telah Aktif”.
  5. Lalu, kembali ke menu utama Setelan dan Kamu akan melihat menu baru bernama Developer Options atau Opsi Pengembang.
  6. Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang, buka menu opsi pengembang tadi lalu geser tombol On / Off pada bagian atas halaman.
  7. Untuk mengaktifkan opsi pengembang, beri tanda centang pada USB Debugging (terdapat dalam menu opsi pengembang).
  8. Untuk mematikan mode USB Debugging, Kamu bisa menghilangkan tanda centang pada opsi USB Debugging.

Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debungging pada ponsel HTC

Jika ponselmu adalah HTC One, M8, One Max, Desire, atau ponsel HTC lain dengan Android versi JB 4.2 atau KitKat 4.4, maka cara untuk menyalakan Developer Option adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Setelan > Tentang > Informasi Software > Lagi/Lainnya.
  • Lalu tekan cepat Build Number sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan opsi pengembang. Kamu akan melihat pesan pop-up “Kamu sekarang adalah pengembang!.
  • Kembali lagi ke menu Setelan, dan Kamu bisa melihat ada menu baru Opsi Pengembang.
  • Tekan menu tersebut, lalu beri tanda centang pada USB Debugging.

Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debungging pada ponsel  LG

Jika ponselmu adalah LG G2, G3, LG G Flex, atau ponsel LG yang lain, maka cara untuk mengaktifkan opsi pengembang adalah dengan pergi ke menu Setelan > Tentang > Informasi Software, lalu tekan Build Number sebanyak 7 kali. Lalu lakukan langkah seperti yang sudah  di jelaskan di atas.

Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debungging pada ponsel Xiaomi

Jika Kamu menggunakan ponsel Xiaomi dengan ROM MIUI maka cara mengaktifkan mode pengembang dan USB Debungging sebagai berikut:

Langkah 1 : Buka Xiaomi redmi 2 kalian, silahkan masuk ke halaman “Pengaturan/Settings” kemudian scroll kebawah pilih opsi “Tentang Ponsel

Langkah 2 :  Setelah kalian menekan opsi Tentang ponsel maka kalian akan diarahkan ke halaman informasi mengenai ponsel kalian. Kemudian ketuk opsi “Versi MIUI” sebanyak 7 kali [Setiap kali kalian menekan opsi Versi MIUI, kalian akan mendapatkan pop up informasi yang akan menginformasikan bahwa ponsel kalian akan membuka opsi pengembang]. Pada tahap ini kalian sudah berhasil menjadi pengembang sistem operasi android.

Langkah 3 : Untuk mengaktifkan USB debugging silahkan kembali halaman “Pengaturan/Settings” scroll kebawah dan pilih opsi “Setelan tambahan“, kalian akan diarahkan ke halaman setelan tambahan.

Langkah 4 : Setelah kalian berada pada halaman stelan tambahan scroll kebawah lagi dan pilih opsi “Opsi pengembangan” selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman Opsi pengembanga

Langkah 5 : Tahap ini merupakan tahap akhir untuk mengaktifkan USB debugging pada Xiaomi Redmi 2 kalian. Pilh opsi “Debugging USB” kemudian muncul pop up informasi mengenai fitur USB debugging silahkan kalian pilih “Oke

Apa Fungsi Opsi Pengembang?

Izinkan Aku untuk memulai dengan sebuah peringatan. Pilihan pengembang berisi sejumlah item yang benar-benar khusus bagi para profesional terlatih. Harap tidak mengubah apa pun jika Kamu tidak mengerti apa yang akan dilakukan. Setidaknya, perhatikan pengaturan default (standar) dan siap untuk mengembalikan perubahan tadi ke default jika terjadi sesuatu yang tidak beres.

Pilihan pengembang Android Xperia Z4 Tablet Nexus 5 2

Sekarang seperti namanya, Opsi Pengembang adalah seperangkat alat dan pengaturan yang dirancang untuk membantu pengembang aplikasi dalam mengoptimalkan produk mereka dan melacak kesalahan.Sebagai contoh, opsi bernama lokasi Pointer memberikan pembacaan yang tepat dari input sentuhan di layar. Sementara ini sangat bagus untuk pengembang yang perlu memahami lokasi sentuhan dan gerakan.

Kemudian ada juga aplikasi yang memerlukan USB Debugging supaya diaktifkan, contohnya aplikasi Helium backup atau aplikasi root tool.

Demikian semoga bermanfaat. Ada pertanyaan atau pesan silahkan mengetik di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *