Cara Mudah Memperbaiki “NVRAM WARNING Err 0x10”

Hello Sobat Belajar Androidku! Bagi Kalian pengguna smartphone Android, khususnya berchipset Mediatek, pernahkah menjumpai pesan peringatan “NVRAM WARNING Err 0x10”. Yup, pesan ini muncul ketika kita menyalakan WiFi. Pesan ini muncul sebagai nama SSID jaringan dengan sinyal full. Nama SSID ini seandainya kita sambungkan maka tidak akan bisa.

Pesan peringatan “NVRAM WARNING Err 0x10” sebenarnya tidak menyebabkan masalah serius karena kita tetap dapat menyambungkan ponsel ke jaringan WiFi seperti biasa. Hanya saja mungkin munculnya pesan seperti itu agak mengganggu pandangan. Pesan peringatan “NVRAM WARNING Err 0x10” biasanya dibarengi dengan hilangnya IMEI saat kita melakukan full flash melalui SP Flash Tool atau saat menginstall ROM baru. Hal ini merupakan salah satu kelemahan dari ponsel Mediatek. Maka penting sebelum flashng atau install custom ROM untuk selalu backup IMEI dan NVRAM. Tapi tenang, di sini aku akan berbagi bagaimana cara mengatasi pesan peringatan ini.

Alat dan Bahan untuk Memperbaiki “NVRAM WARNING Err 0x10”

  • Ponsel Mediatek yang bermasalah (Ingat! Harus dalam kondisi di-root/rooted)
  • Root Explorer atau sejenisnya (untuk browsing file system)
  • File WiFi Fix dari XDA Developers
  • Niat dan keyakinan, wkwk..

Cara Memperbaiki “NVRAM WARNING Err 0x10”

  1. Pastikan ponsel Kalian sudah dalam kondisi rooted. Hal ini penting karena kita akan merupah beberapa file pada tingkat root. Silahkan tanya cara root-nya ke mbah Google atau jika ponsel Kalian menggunakan Android Lollipop ke bawah, coba gunakan aplikasi King Root.
  2. Buka aplikasi Root Explorer (atau sejenisnya) Setelah File WiFi Fix sudah diunduh, lanjutkan dengan mengekstraknya. Kalian akan mendapatkan 2 file yaitu WIFI dan WIFI_CUSTOM
  3. Copy 2 file di atas ke direktori root /data/nvram/APCFG/APRDEB/. Jika muncul pesan Overwrite maka pilih Yes
  4. Terakhir reboot ponsel dan buka setelan WiFi, Volilla! Pesan peringatan sudah hilang. Mudah bukan?

Bagi yang masih bingung silahkan lihat video panduannya di bawah ini:

Demikian panduan Cara Memperbaiki “NVRAM WARNING Err 0x10”. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau pengalaman jangan malu untuk berbagi di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *