Cara Mudah Flash Lenovo A319 via SP Flash Tool

Sobat Belajar Androidku, kita di sini masih membahas seputar flash ulang. Dalam artikel ini kita akan belajar bagaimana cara flash Lenovo A319 via SP Flash Tool. Lenovo A319 memang termasuk ponsel lawas yang dirilis tahun 2014. Walaupun begitu di antara Kalian tentu masih ada yang menggunakan ponsel ber chipset Mediatek MT6572 ini. Beberapa masalah yang sering muncul pada ponsel Android, termasuk pada Lenovo A319 ialah bootloop atau sering hang/lambat. Pada beberapa kasus karena kegagalan modifikasi/oprek berujung pada kondisi brick/mati total. Semua masalah itu umumnya bisa diatasi dengan flash ulang karena prinsip dari flash ulang adalah memasang kembali firmware/sorfware yang ada di ponsel sehingga seperti baru.

Karena Lenovo A319 berchipset Mediatek maka Flash Tool yang digunakan adalah SP Flash Tool. Aplikasi ini buatan vendor Meditek yang khusus untuk menangani  operasi flashing/downlading dan sejenisnya. Oke langsung ke TKP saja!

Cara Flash Lenovo A319

Alat dan Bahan untuk Flash Lenovo A319

Cara Flash Lenovo A319

  1. Setelah semua bahan di atas telah diunduh, lanjutkan dengan mengekstraknya.
  2. Berikutnya install Driver Vcom Meditek. Caranya lihat cara install manual Driver Vcom Mediatek
  3. Selanjutnya buka folder SP Flash Tool (hasil ekstrak), lalu klik kananpada flash_tool.exe dan pilih Run as Administrator
  4. Setelah aplikasi SP Flsh Tool terbuka, pilih tab Download, lalu tekan tombol Scatter-loading. Cari lokasi file MT6572_Android_scatter.txt berada (file berada dalam folder fimware hasil ekstrak). Tunggu beberapa saat untuk Loading data firmware.
    Cara Flash Lenovo A319
  5. Berikutnya tekan tombol Download
  6. Selanjutnya matikan Lenovo A319, dan lepas batrainya, lalu sambungkan ponsel ke PC melalui kabel USB. Jika ponsel dan driver terdeteksi dengan baik maka proses flashing akan berjalan. tunggulah beberapa menit. Jika proses telah selesai maka akan muncul notifikasi lingkaran hijau
    Cara Flash Lenovo A319
  7. Cabut kabel USB dan pasang kembali baterai Lenovo A319, lalu hidupkan seperti biasa. Booting pertama memelukan waktu cukup lama.

Catatan: Jika muncul kode error dan proses flashing gagal maka coba ikuti panduan cara fix kode error SP Flash Tool. Jika IMEI invalid/null maka coba ikuti panduan cara memperbaiki IMEI invalid/null Mediatek.

Demikian panduan Cara Flash Lenovo A319 via SP Flash Tool. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau pengalaman silahkan berbagi di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *