Cara Mudah Flash Asus Zenfone 5 (A500CG)

Hello Sobat Belajar Androidku! Dari judulnya saja kalian pasti paham apa yang akan kita pelajari kali ini. Yup! Kita akan belajar bagaimana cara flash Asus Zenfone 5. Flash ulang biasanya dilakukan ketika ponsel mengalami bootloop, sering hang, error dan lain sebagainya. Biasanya pengguna melakukan hard reset atau wipe data melalui recovery. Tapi jika reset melalui recovery tidak berhasil maka flash ulang menjadi jalan keluarnya.

Secara garis besar untuk melalukan flash ulang Asus Zenfone 5, kita memerlukan komputer dengan driver ASUS terinstal dan aplikasi ASUS Flash Tool, serta Firmware atau ROM yang akan di-flash-kan ke ponsel. Tentu saja kita harus punya ponsel Asus Zenfone 5-nya juga, haha..

Yang perlu menjadi catatan adalah firmware / ROM yang digunakan harus sesuai dengan seri dari ponsel Asus itu sendiri. Jika firmware / ROM tidak cocok maka akan terjadi kegagalan flash. Oke, tanpa basa-basi berikut ini panduan lengkapnya:

Alat dan Bahan untuk Flash Asus Zenfone 5

cara Flash Asus Zenfone 5

Cara Flash Asus Zenfone 5

  1. Setelah semua file di atas telah diunduh, sekarang ekstrak Driver Intel Android dan jalankan installer-nya untuk menginstall driver ke PC/komputer
  2. Install juga aplikasi Asus Flash Tool ke PC/komputer
  3. Selanjutnya matikan Asus Zenfone 5, pastikan benar-benar mati dengan menunggu beberapa detik
  4. Hidupkan kembali Asus Zenfone 5 ke Fastboot Mode, caranya tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersama-sama. Fastboot Mode ditandai dengan gambar Android berhelm kuning
    cara Flash Asus Zenfone 5
    cara Flash Asus Zenfone 5
  5. Setelah berhasil masuk ke Fastboot Mode, sambungkan Asus Zenfone 5 ke PC/komputer melalui kabel USB
  6. Jalankan aplikasi Asus Flash Tool, pastikan Serial Number ponsel Asus sudah terdeteksi oleh aplikasi (SN tiap ponsel berbeda-beda)
  7. Jika sudah terdeteksi, pada bagian Model pilih A500CG dan pada bagian Wipe Data pilih Yes
  8. Selanjutnya klik ikon kotak dokumen, lalu pilih lokasi firmware/ROM Asus Zenfone 5 (jangan lupa klik juga pada Serial Number-nya)
  9. Untuk memulai proses flashing klik tombol Start (ikon lingkaran dengan panah ke kanan). Tunggulah sampai prosesnya selesai. Ingat selama proses flashing jangan sampai koneksi kabel terputus.
  10. Jika sudah muncul pemberitahuan “Flash image successfully” artinya proses flashing telah sukses. Cabutlah kabel USB dan hidupkan Asus Zenfone 5

Masih Bingung? Silahkan lihat video tutorial di bawah ini, caranya bisa dipraktekkan pada Asus Zenfone 5

Demikian panduan cara flash Asus Zenfone 5. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau pengalaman silahkan berbagi di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *