Cara Mudah Deodex ROM Android

Deodex ROM Android? Bagi kamu yang senang memodifikasi ROM Android pasti sering menemui istilah Odex dan Deodex. Bagi Kamu yang belum mengerti istilah itu bisa cari tahu pada artikel perbedaan ROM Odex dan Deodex. ROM Deodexed punya kelebihan dan kekurangan. walaupun demikian para developer ROM lebih memilih Deodexed ROM untuk dimodifikasi karena lebih mudah dan lebih flexibel.

Umumnya ROM OEM atau ROM bawaan pabrik perangkat Android yang terpasang adalah jenis Odexed. Bagi kamu yang ingin merubah ROM Odexed ke Deodexed silahkan mengikuti langkah cara mudah Deodex ROM Android dibawah ini:

Tutorial Mudah Deodex ROM Android

Persiapan

Sebelum mulai Kamu harus punya alat-alat dibawah ini:

  1. Komputer/laptop (ya iyalah, hehe..)
  2. Komputer/laptop sudah terinstall Java RE (yang belum ada ikuti tutorialnya di sini)
  3. Komputer/laptop sudah terinstall Cygwin dan Android Kitchen (yang belum ada ikuti tutorialnya di sini)

Bahan-Bahan

Siapkan Stok ROM atau Custom ROM yang akan dirubah ke Deodex. Kamu bisa cari Romnya di forum-forum Android.

Langkah-Langkahnya

1. Buka program Cygwin, bisa melalui icon di Desktop atau Start Menu atau dari Lokasi Instalasinya.

2. Pada Jendela Commad, ketik “kitchen” lalu tekan Enter. Ketik lagi “./menu” lalu tekan Enter. Setelah itu Jendela Android Kitchen akan terbuka.

3. Buat Folder kerja baru dengan mengetik “1” pada Enter option.

 

cara deodex rom android

4. Setelah itu Copy ROM Android yang ingin di-Deodex ke folder “original_update”. Folder ini terletak di dalam Folder “kitchen”.

cara deodex rom cara deodex rom android

5. Berikutnya kembali ke Android Kitchen. Tekan Tombol Enter, lalu akan muncul nama ROM yang telah kamu Copy tadi. Ketik “1” lalu tekan Enter.

cara deodex rom cara deodex rom android

6.Berikutnya akan muncul pertanyaan apakah Kamu ingin merubah nama folder kerjamu? Jika kamu setuju ketik “y” lalu tekan Enter. Lalu ketikkan nama sesuai yang kamu inginkan. Lalu tekan Enter. (Jika Kamu tidak ingin merubah nama folder maka langsung tekan Enter).

7. Setelah itu proses Extracting ROM akan dimulai. Tunggulah beberapa saat. Setelah proses ekxtraxting selesai, Kamu akan ditanya apakah ingin meng-convert file updater-script? Jika ingin maka ketik “1” jika tidak ketik “2” lalu tekan Enter. Jika muncul pertanyaan yang lain langsung tekan Enter saja.

8. Setelah persiapan folder kerja selesai, tekan Enter maka Android Kitchen  akan kembali ke halaman awal.

9. Berikutnya saatnya merubah ROM yang telah siap tadi ke Deodex. Ketik “0” lalu tekan Enter untuk masuk ke ADVANCED OPTION.

cara deodex rom cara deodex rom android

10. Selanjutnya ketik “11” lalu tekan Enter untuk melakukan De-odexing ROM. Berikutnya ketik “b” lalu tekan Enter untuk men-deodex  APK file di folder system/app dan system/framework

cara deodex rom android

 

11. Setelah itu Kamu akan ditanya apakah akan membuat log/catatan? Jika ya ketik “y” jika tidak ketik “n”. Setelah itu proses deodexing akan berjalan. Tunggulah beberapa saat.

cara deodex rom android

12. Setelah proses deodexing selesai tekan Enter dan akan kembali ke jendela awal.

13. Untuk melakukan packing/build ROM ketik “99” lalu Enter.

14. Selanjutnya ketik “4” lalu tekan Enter. Maka proses Packing akan berjalan. Tunggulah prosesnya selesai.

15. Setelah semua proses di atas selesai maka File ROM yang telah di-deodex akan berada pada folder “OUTPUT_ZIP”. Folder ini berada di dalam folder kitchen.

Demikian tutorial ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *