4 Cara Sederhana Meningkatkan Sinyal Android

Cara meningkatkan sinyal Android – Di dunia modern ini, pengguna Android sudah mencapai milyaran dan akan terus bertambah dengan berkembangnya manusia dan sistem operasi Android. Baru-baru ini, Android telah merilis versi Android terbarunya yaitu Android Nougat 7.1 yang pertama kali bisa dinikmati pada perangkat Google Pixel. Pembaharuan ini membawa peningkatan dari segi performa, tampilan (User Interface -UI) dan juga peningkatan fitur (lihat fitur terbaru Android Nougat). Peningkatan ini akan selalu ada mengikuti kebutuhan manusia akan teknologi informasi dan persaingan bisnis. Termasuk yang ikut berkembang juga adalah tekonologi komunikasi selluler yang telah mencapai generasi ke-4 (4G LTE) yang membawa peningkatan akses internet yang luar biasa. Saat ini hampir semua aplikasi Android menuntut adanya akses internet karena memang internet sendiri telah menjadi kebutuhan pokok manusia, entah untuk bekerja, mencari informasi atau sekedar hiburan semata.

Ketika kita mengakses internet dengan menggunakan jaringan Wi-Fi maka kecepatan internet lebih stabil dan cepat. Namun ketika kita harus keluar ruangan maka jaringan data seluler manjadi pilihan berikutnya. Masalah yang sering dijumpai adalah kadang saat menggunakan jaringan seluler, akses internet sering putus (disconnect) yang biasa terjadi karena lemahnya jaringan provider yang kita gunakan. Pada kesempatan ini, Aku akan berbagi bagaimana cara sederhana meningkatkan sinyal di ponsel Android. Harapannya dengan panduan ini, Sobat Belajar Androidku bisa mengoptimalkan sinyal jaringan.

Cara Sederhana Meningkatkan Sinyal Android

Cara meningkatkan sinyal

Sebelum membahas cara sederhanya meningkatkan sinyal, kita perlu mempelajari dulu penyebab sinyal jaringan tidak kuat. Apakah karena keterbatasan hardware Androidnya? Ataukah karena jaringan operator seluler yang kurang baik? Atau karena ada setelan jaringan diponsel yang kurang tepat? Pada kesempatan ini akan dibahas bagaimana meningkatkan penerimaan sinyal oleh ponsel Android. Berikut caranya:

1. Cara meningkatakan Sinyal dengan Menganalisa Hardware dan Operator Jaringan

Cara pertama adalah dengan menganalisa hardware atau perangkat Android. Ini penting karena perangkat inilah yang akan menerima sinyal jaringan. Jika perangkat berasal dari vendor yang terkenal biasanya kualitas penerimaan sinyalnya baik. Namun jika perangkat itu buatan vendor lokal (China) maka perlu diwaspadai. Karena umumnya harga ponsel dari negeri tirai bambu ini sangat murah dengan kualitas penerimaan sinyal yang kurang baik. Namun sekarang industri di China telah berkembang dan mulai mengutamakan kualitas produknya. Maka pilihlah ponsel Android dengan merek yang cukup terkenal / familiar dengan kualitas terbukti baik dan menghindari ponsel yang mereknya tidak jelas dan kualitasnya belum diketahui. Termasuk juga memperhatikan operator seluler yang digunakan. Saat ini banyak operator seluler yang menawarkan paket internet murah berkualias, namun belum tentu jaringannya sampai di daerahmu, apalagi Kamu hidup di daerah pelosok. Maka pilihlah operator yang jaringannya telah menjangkau daerahmu agar penerimaan sinyal Android lebih optimal.

Cara Sederhana Meningkatkan Sinyal Android

 

2. Cara meningatkan sinyal dengan pengaturan mode jaringan yang tepat

Cara meningkatkan sinyal android yang kedua adalah mengatur mode jaringan yang tepat. Kamu dapat pengaturan mode jaringan melalui aplikasi Setting atau Pengaturan dan juga bisa melalui dialer dengan menekan *#*#4636#*#* lalu masuk ke menu Phone Information (Informasi Telepon) > Network (jaringan). Tahap berikutnya adalah menetukan tipe jaringan yang tepat sesuai hardware ponselmu dan ketersediaan / jaangkauan operator seluler. Umumnya perangkat Android diberikan pilihan jaringan yaitu GSM Only, WCDMA/HSDPA (3G) Only, GSM and WCDMA/HSDPA prefered dan 4G/LTE Only. Tentunya dengan mengatur pilihan jaringan yang tepat, ponsel Androidmu akan lebih mudah mencari sinyal jaringan seluler dan juga menghemat baterai. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan.

Cara Sederhana Meningkatkan Sinyal Android

 

3. Cara meningkatkan sinyal dengan memperbaiki Firmware (Software)

Jika cara mengganti operator seluler atau mengoptimalkan pengaturan jaringan tidak menyelesaikan sinyal buruk maka mungkin masalah ada di firmware ponselnya. Beberapa ponsel buatan china seringkali menggunakan firmware atau Sistem Android yang belum stabil sehingga juga berdampak pada penerimaan sinyal oleh ponsel Android yang juga kurang optimal. Cara memperbaiki hal ini adalah dengan melakukan update firmware Android. Coba cek di menu updater (biasanya ada di Pengaturan> Tentang> Update), barang kali ada update software (firmware) terbaru untuk ponselmu. Karena biasanya update membawa beberapa perbaikan dan peningkatan sistem. Jika tidak ada update terbaru atau sudah diupdate tapi belum ada perubahan maka cobalah mengganti ROM bawaan dengan Custom ROM. Penggantian ROM biasanya melibatkan root, pasang TWRP / CWM dan Flashing. Jika Kamu belum paham hal itu silahkan lihat beberapa artikel lain di Blog ini yang membahas tentang hal itu.

Cara Sederhana Meningkatkan Sinyal Android

 

4. Cara meningkatkan sinyal dengan memasang aplikasi sinyal booster

Cara terakhir ini yang sering digunakan adala dengan memanfaatkan aplikasi manajemen sinyal. Contoh aplikasinya adalah Open Signal Maps, Network Signal Strenght, Signal Booster dan lain-lain. Semua aplikasi itu telah tersedia di Play Store. Cara kerja dari aplikasi itu adalah dengan  mencari sinyal terbaik lalu mengaturnya pada ponsel Android.

Cara Sederhana Meningkatkan Sinyal Android

 

Demikian cara meningkatkan sinyal Android. Semoga bermanfaat. Jika Kamu ada cara lain yang lebih efektif jangan sungkan untuk membaginya di kolom komentar. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *