10 Xposed Modules Terbaik untuk Androidmu

Xposed Modules – Jika ponselmu telah di-root, Kamu dapat meningkatkan kinerja dan melakukan penyesuaian (customize) sesuai keinginanmu. Jika Kamu belum tahu cara melakukan itu maka Xposed adalah alat yang kamu butuhkan. Xposed memungkinkan dirimu untuk membuat perubahan sampai ke tingkat sistem tanpa harus pusing dan repot memikirkan kode & Custom ROM ROM.

Xposed menggunakan modul (Xposed Modules) yaitu aplikasi kecil yang dimasukkan langsung ke sistem operasi Android dan memberikan kontrol yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tampilan dan nuansa ponselmu. Oleh karena itu, setiap perubahan yang dilakukan dapat dihapus dengan mudah dengan hanya menonaktifkan modul dan reboot. Jika belum tahu cara memasang Xposed Framework dan Installer, lihat di sini.

Xposed Framework tersedia untuk semua perangkat mulai versi 4.1 ke atas. Namun, tidak semua modul yang ada bekerja pada Android Marshmallow. Jika Anda berada di Android Marshmallow & Android Lollipop, Anda dapat merujuk Cara Install xposed di Lollipop & Marshmallow . Disini Ane mau berbagi 10 modul Xposed (Xposed Modules) terbaik 2016 sesuai yang dilansir oleh dev-lab.

 

10 Xposed Modules Terbaik 2016:

#1 Gravity Box:

Gravity Box selalu menjadi salah satu alasan terbesar untuk menggunakan Xposed. Ini adalah alat luar biasa yang komprehensif untuk melakukan modding dan meningkatkan user interface Android. Hampir tidak ada bagian dari pengalaman Android tidak dapat di-tweak atau diperbaiki dengan utilitas ini. Modul Xposed (Xposed Modules) ini memungkinkan Kamu untuk menambah fungsionalitas tambahan saat kondisi lock screen seperti tekan ganda pada tombol Volume untuk melewati trek. Beberapa fitur yang paling terkenal adalah CyanogenMod Pie Controls, tweak Launcher, Hardware Key Actions, Tweak Baterai & kontrol Notifikasi (notifikasi per-aplikasi LED/suara/getaran).

Download Gravity Box: JB | KK | LP | MM

 

#2 Amplify Battery Extender

Jika Kamu salah satu dari orang-orang yang baterai terkuras dengan cepat setelah update ke Android yang lebih baru, usaha boost/memperkuat baterai mungkin bisa menjadi solusi. Modul (Xposed Modules) ini mungkin dapat dijadikan pendamping untuk aplikasi penghemat materai lainnya seperti Greenify, yang juga memiliki beberapa fungsi Xposed. Jika Kamu ingin daya bateraimu maksimum, gunakan Amplify + Greenify.

Apakah Amplify itu? Yup, modul ini berfungsi mengurus wakelocks. Ini adalah ketika sebuah aplikasi mencegah ponsel memasuki deep sleep. Jika Kamu pernah pergi tidur dengan meninggalkan ponsel terisi penuh, dan terbangun kemudian menemukan baterai telah berkurang menjadi 40% dalam semalam, itu sangat mungkin bahwa wakelocks menjadi pelakunya. Amplify membantu untuk mencegah hal itu terjadi.

Download: Amplify

 

#3 Awesome Pop-up Video

Awesome Pop-up Video adalah video player mengagumkan yang tidak seperti lainnya. Aplikasi ini dapat memutar video di jendela pop-up, mengambang di atas aplikasi lain, seperti di komputermu, alias mode “Gambar Dalam Gambar”. Yup, Multi-tasking!

Kenapa berhenti menonton acara TV-mu jika seseorang mengirim pesan, atau mendapatkan email baru? Membuka video dalam jendela pop-up dari perangkat atau membuka video dari internet tanpa harus mendownload.

Download: Awesome Pop-up Video

 

#4 SwipeBack

SwipeBack merupakan upaya untuk membuat antarmuka Android lebih mudah saat melakukan navigasi, terutama pada layar yang lebih besar. Itu menggantikan kebutuhan untuk selalu menekan tombol Kembali (Back), cukup mengusap layar ke kiri atau ke kanan untuk kembali ke layar sebelumnya. Lebih mudah kan?

Download: SwipeBack

 

#5 XPrivacy

XPrivacy adalah manajer perizinan yang memungkinkan Kamu untuk mengontrol fungsi dan data pada aplikasi yang diperbolehkan untuk diakses. Ini telah lama menjadi salah satu Xposed Modules paling populer. Dengan diperkenalkannya kontrol izin granular, itu tampak seperti Xposed mungkin menjadi berlebihan bagi pengguna Android 6.0, tetapi masih tetap memiliki tujuan. Dalam Marshmallow, semua aplikasi secara otomatis mendapatkan izin Internet. Hal ini biasanya akan digunakan untuk beberapa tujuan, seperti mengumpulkan data analisis atau memberikan iklan, tetapi bisa juga menjadi masalah keamanan potensial.

Dengan XPrivacy, Kamu dapat memastikan bahwa hanya aplikasi tertentu saja yang diizinkan untuk mengakses internet/online.

Download: Xprivacy

 

#6 Greenify

Greenify membantumu mengidentifikasi dan menempatkan aplikasi nakal ke mode hibernasi saat Kamu tidak menggunakan aplikasi itu. Tujuannya agar aplikasi itu tidak membuat lag pada perangkat dan juga tidak menguras baterai, dengan cara yang unik! Aplikasi yang telah masuk mode hibernasi tidak akan melakukan apa-apa tanpa Kamu jalankan kembali atau dijalankan oleh aplikasi lain, namun tetap dapat melaksanakan fungsinya secara normal ketika dijalankan di depan layar (foreground)! Meskipun Greenify selain sebagai Xposed Modules juga sebagai aplikasi yang independen (tetap bisa digunakan walau tanpa Xposed Framework), akan tetapi dengan menggunakan Xposed maka peningkatkan daya tahan dan kinerja baterai yang diperoleh akan lebih besar.

Download: Greenify

 

#7 Xstana

Xstana merupakan modul xposed Framework untuk merubah tema navigasi dan status bar Kamu, misalnya Kamu dapat mengubah status bar bawaan ponselmu dengan desain dari HTC dan navigasi bar dari Sony. Terdengar keren, bukan? Nah, Kamu dapat juga melakukannya dengan menginstal Custom ROM, tapi mengapa harus menginstal ROM ketika Kamu memiliki Xposed? Hanya beberapa klik saja dan Kamu telah mendapatkan Status bar & Navigasi Bar dari ROM favoritmu. Mudah kan?

Download: Xstana

 

#8 BootManager

Banyak aplikasi bebas mengambil sumber daya sistemmu, aplikasi itu membuat setelan agar dapat selalu berjalan ketika perangkat dihidupkan (startup). Hal ini dapat memperlama waktu startup dan membuang-buang tenaga baterai. Kamu dapat menyelesaikan masalah ini dengan BootManager. Kamu hanya cukup memilih aplikasi yang dijalankan otomatis dan kemudian reboot ponselmu. Ini seperti versi yang lebih cerdas dari sebuah task-killer, dan dapat menjaga aplikasi aplikasi yang jarang digunakan sampai Kamu benar-benar membutuhkannya.

Download: BootManager

 

#9 Zoom for Instagram

Zoom for Instagram berbicara tentang dirinya sendiri. Ia menambahkan fitur yang paling jelas hilang dari aplikasi Instagram – kemampuan untuk memperbesar foto. Ia menambahkan tombol zoom yang tepat ke tengah aplikasi Instagram resmi.

Download: Zoom for Instagram

 

#10 YouTube Background Playback

Kamu dapat memutar YouTube video di latar belakang pada ponsel Androidmu dan menggunakan aplikasi video paling populer sedunia sebagai aplikasi audio musik streaming.

Download: Youtube Background Playback

 

Apa favorit Kamu?

Karena setiap pengguna Android memiliki tujuan yang berbeda untuk penggunaan perangkat mereka, semua orang memiliki pilihan mereka sendiri untuk aplikasi favorit yang membantu mereka mengatasi kebutuhan sehari-hari. Silahkan tulis modul faforitmu di kolom komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *